visitaaponce.com

Pemerintah Pusat Harus Bantu Pembangunan Insfrastruktur Daerah

Pemerintah Pusat Harus Bantu Pembangunan Insfrastruktur Daerah
Muhaimin Iskandar.(ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

CAWAPRES nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan pemerintah pusat harus membantu percepatan pembangunan insfrastruktur di daerah. Menurutnya, campur tangan pemerintah pusat sangat penting.

“Ya yang paling penting itu campur tangan pemerintah pusat untuk membantu percepatan infrastruktur pembangunan di kota-kota termasuk Lampung ini,” kata Cak Imin di Lampung Timur, Lampung Senin (8/1).

Sementara terkait persoalan pertanian, Cak Imin menyampaikan bahwa Pemerintah harus menyiapkan semua kebutuhan para petani, mulai dari irigasi, infrastruktur menuju pertanian, pupuk hingga harga produksi.

Baca juga: Cak Imin Janjikan Bantuan Modal tanpa Bunga untuk UMKM

“Lampung Timur ini dengan petani yang besar mulai dari jumlahnya maupun sebetulnya potensi produksinya harus betul-betul disiapkan kebutuhannya mulai pembenahan irigasi pembenahan jalan-jalan menuju produksi pertanian pembelian hasil pertanian terutama pupuk yang harus tersedia,” tambahnya.

Menurut Cak Imin, struktur Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) belum begitu adil karena masih tersentralisasi di kementerian dan Lembaga. Untuk itu, kata Cak Imin, diperlukan keseimbangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Baca juga: Dewan Pakar Anies-Muhaimin Siapkan Program Pemungkas di Debat Terakhir

“Struktur APBN kita memang masih belum adil, terlampau banyak tersentralisasi di dalam kementerian dan lembaga. Saatnya kita harus buat keseimbangan anggaran yang dikelola pusat dengan anggaran yang dikelola daerah,” tambah Cak Imin.

Bahkan, Cak Imin juga menyinggung dana desa yang terbilang masih kecil dalam APBN. Menurutnya, untuk pemerataan pembangunan di berbagai daerah dibutuhkan lebih dari pada itu.

“Dana desa itu kecil sekali hanya sekitar Rp70 triliun ya dan belum Pemda provinsi kabupaten. Oleh karena itu harus minimal fifty-fifty dari Rp3.000 triliun yaitu pusat dan daerah,” tukasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat