visitaaponce.com

Anies Baswedan Soroti Kesulitan Rakyat Mendapat Legalitas Lahan

Anies Baswedan Soroti Kesulitan Rakyat Mendapat Legalitas Lahan
Anies soroti kesulitan masyarakat dapat legalisasi lahan(Medcom/Fachri Audhia Hafiez)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyoroti sulitnya rakyat memperoleh lahan secara legal. Sementara, banyak pihak yang mudahnya mendapat lahan untuk kepentingan perkebunan kelapa sawit hingga hutan produksi.

"Bahwa negara bersifat penuh kasih sayang sama rakyatnya, jangan dipandang rakyatnya itu entitas yang berseberangan yang punya kepentingan berbeda, apalagi seakan-akan mereka pihak asing. Ini tanah rakyat kita sendiri tanahnya sendiri puluhan tahun," tegas Anies saat bertemu dengan petani di Sekampung Udik, Lampung Timur, Minggu (14/1).

Anies menekankan memberikan legalisasi lahan kepada masyarakat bukan hal sulit. Terpenting ada kemauan dari pejabat berwenang.

Baca juga: Anies Baswedan Berjanji Bangun Jalan Nontol di Lampung

"Kalau yang (masyarakat) kecil selalu ribet, apa sih sulitnya menyelesaikan masalah ini, itu kan kemauan kok, enggak ada yang sulit. Ini adalah tanah yang sudah digunakan puluhan tahun, bahkan, kalau sebagian cerita mereka yang membuka lahan itu, kakek-kakek mereka yang membuka lahan itu," ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan dengan memberikan legalitas lahan kepada rakyat sejatinya mengundang manfaat.

Mereka menggunakan untuk membuka lahan pertanian dan menghasilkan kebutuhan pangan.

Baca juga: Anies: Setiap Fase Ada Kepemimpinan Berkelanjutan

"Toh legalitas itu akan mereka pakai untuk apa? Untuk kegiatan bertani, untuk kegiatan nanti produksi dimakan oleh siapa? Oleh rakyat Indonesia," ujar Anies. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat