visitaaponce.com

Status Gunung Lewotobi Level IV Awas, Warga Panik dan Mengungsi ke Kebun

Status Gunung Lewotobi Level IV Awas, Warga Panik dan Mengungsi ke Kebun
Gunung Lewotobi Laki-Laki Meletus(MI/Fransiskus Gerardus Molo)

STATUS Gunung Lewotobi Laki Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kini, dinaikan dari level 3 siaga, menjadi level 4 awas. Hal itu disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam keterangan resmi, Selasa (9/1) pukul 23.00 Wita 

Pos Pemantau Gunung Lewotobi Laki-Laki mencatat telah terjadi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki pada Rabu (10/1) pukul 02:31 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 2.084 m di atas permukaan laut). 

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi sementara ini ± 4 menit 36 detik.

Baca juga: BNPB Salurkan Sembako Hingga Masker Untuk Pengungsi Gunung Lewotobi

Semburan awan panas dari puncak  Gunung Lewotobi Laki- Laki membuat warga panik. Mereka berusaha menyelamatkan diri.

Warga di sekitar kaki Gunung Lewotobi, yang mengetahui adanya semburan awan panas dari gunung tersebut membuat mereka berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Beberapa warga sempat merekam momen detik-detik terjadinya erupsi Gunung Merapi.

Baca juga: Kemensos Salurkan Bantuan kepada Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Pos Pemantau Gunung Lewotobi Laki-Laki mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki  laki dan wisatawan tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 4 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan sektoral 5 km ke arah Barat Laut - Utara. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat