visitaaponce.com

Harga Ayam Potong di Palu Kembali Naik

Harga Ayam Potong di Palu Kembali Naik
Ilustrasi pedangan menjual daging ayam(Antara)

HARGA ayam potong jenis ras pedaging atau broiler di Palu, Sulawesi Tengah, kembali mengalami kenaikan. Modal pedagang yang membengkak menjadi penyebab.

Salah satu pedagang, H Safrudin mengatakan, harga daging ayam potong ukuran kecil saat ini naik menjadi Rp50 ribu per kilogram (kg) dari harga sebelumnya Rp45 ribu per kg. Sedangkan ayam potong ukuran besar dari Rp65 ribu per kg, naik menjadi Rp70 ribu per kg.

“Harga baru turun seminggu lalu, ini sudah naik lagi. Penaikannya baru ada tiga hari lalu,” terangnya saat ditemui di Pasar Tradisional Inpres Manonda (PTIM) Palu, Senin (15/1).

Baca juga : Pasokan Menipis, Harga Cabai di Palu Mahal

Menurut Safrudin, meski penaikan harganya rata-rata Rp5 ribu per kg, namun cukup memberatkan konsumen.

Baca juga : Jelang Natal, Harga Daging Ayam dan Cabai di NTT Melonjak

“Kebanyakan warga datang membeli protes karena harga tiba-tiba naik. Memang berat yah, apa lagi ekonomi awal tahun begini belum stabil,” imbuhnya.

Pedagang lainnya, Nur Dahlia menjelaskan, pedagang kembali kompak menaikkan harga ayam potong karena modal pengambilan di tingkat peternak sudah lebih dulu naik.

Oleh karena itu, agar tetap mendapat untung pedagang sepakat menaikkan harga.

“Modal pengambilan di peternak Rp47 per kg untuk ukuran kecil. Ukuran besar Rp67 per kg. Kami ambil untung Rp3 ribu per kg. Rp3 ribu yang kami ambil itu juga masih terpotong lagi untuk upah pekerja,” ungkapnya, dimintai keterangan terpisah.

Nur menyebutkan, naiknya harga pengambilan di tingkat peternak karena biaya produksi peternak juga sudah naik.

“Kata peternak biaya pakan naik, makanya mereka juga naikkan harga jual. Hal seperti ini lumrah terjadi,” tandasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat