visitaaponce.com

Angka Kasus HIV di Bengkulu Terus Meningkat

Angka Kasus HIV di Bengkulu Terus Meningkat
Ilustrasi pelayanan kesehatan untuk cegah HIV dan AIDS.(AFP/Rosa)

KASUS Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kota Bengkulu, Bengkulu, terus meningkat. Saat ini angkanya mencapai 133 orang pada 2023.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, Sri Martiana di Bengkulu, kasus HIV di Kota Bengkulu, sejak Januari hingga Desember 2023, lalu mencapai 133 orang terinfeksi HIV.

"Tingginya kasus HIV di Kota Bengkulu, sebagian penyebabnya akibat faktor hubungan sesama jenis," katanya, Minggu, (21/1).

Baca juga : Tak Hanya Sifilis, Ini Daftar Penyakit Menular Seksual Akibat Virus dan Bakeri yang Perlu Diwaspadai

Sebanyak 53 dari 133 orang ,lanjut dia, di antaranya memiliki riwayat laki-laki berhubungan seksual sesama jenis. Kasus HIV di Kota Bengkulu, mengalami peningkatan jika dibandingkan pada 2022 lalu hanya ditemukan sebanyak 114 orang yang terinfeksi.

Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit yang disebabkan hubungan bebas, jarum suntik bekas dan beberapa faktor lainnya.

"Bagi warga yang terinfeksi HIV dapat mendatangi rumah sakit yang telah ditunjuk, seperti Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Yunus Bengkulu," imbuhnya.

Baca juga : PB IDI: 90% Penularan Cacar Monyet Melalui Kontak Seksual

Saat ini, kata dia, Dinkes terus berupaya untuk menekan meningkatnya kasus HIV dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak guna meningkatkan pemahaman serta memberikan edukasi yang akurat dan dapat dipercaya kepada seluruh masyarakat terkait bahayanya HIV.

Selain itu, mengimbau masyarakat untuk menghindari pergaulan bebas, penggunaan jarum suntik bekas dan jika pun berhubungan maka harus menggunakan pengaman agar tidak tertular.

Untuk masyarakat yang telah terdeteksi mengidap HIV juga diimbau agar menjaga pergaulan supaya tidak menularkan virus kepada masyarakat yang belum terinfeksi.

Baca juga : Kasus HIV/AIDS di Kota Cirebon Masih Tinggi

Dirinya juga mengatakan bagi penderita HIV juga harus rajin melakukan pemeriksaan kesehatan agar tidak mengalami komplikasi dan jangan telat menerima pengobatan.

 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat