visitaaponce.com

Padang Kuatkan Peran Posyandu untuk Atasi Stunting

Padang Kuatkan Peran Posyandu untuk Atasi Stunting
Pemeriksaan rutin balita dan anak di Posyandu.(Antara)

CAMAT Padang Timur, Provinsi Sumatra Barat, Fizlan Setiawan meminta para kader agar dapat memaksimalkan peran posyandu dalam upaya mengatasi stunting.

Menurut Fizlan, saat ini Kecamatan Padang Timur memiliki 232 orang kader dan 58 posyandu yang tersebar di 10 kelurahan.

"Dengan jumlah tersebut, ditambah dengan peran aktif para kader, saya optimis angka stunting di Padang Timur dapat diturunkan," ujarnya, Selasa (23/1).

Baca juga : Perangi Tengkes, Sumedang Libatkan Lembaga Keagamaan

Posyandu dan kader kata Fizlan, merupakan lini terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita, sekaligus mewujudkan Padang Timur menjadi zero stunting.

"Kader memilik peran sangat penting, baik dalam sosialisasi terkait hidup sehat, serta menggerakkan para ibu untuk datang ke posyandu," tambah Fizlan.

Baca juga : Anies: Penanganan Stunting Tak Cukup Cuma Dikasih Makan Siang

Dengan rutin datang ke posyandu sambung Fizlan, maka kesehatan ibu, bayi dan balita dapat termonitor, tercatat dan terukur, sehingga berbagai program kesehatan dapat lebih mudah dilakukan.

"Selain pemeriksaan kesehatan rutin, di posyandu juga ada pemberian makanan tambahan, serta pemberian vitamin, yang tentunya bertujuan menjaga agar ibu, bayi dan balita sehat dan tumbuh sesuai dengan usia,"  pungkasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat