visitaaponce.com

Bupati Timor Tengah Utara Resmikan Bantuan Fasilitas Sumur Bor Bertenaga Surya

Bupati Timor Tengah Utara Resmikan Bantuan Fasilitas Sumur Bor Bertenaga Surya
Acara peresmian unit fasilitas sumur bor yang dilengkapi PLTS bantuan dari PT. SMI oleh Bupati Timor Tengah Utara, Drs. Juandi David.(Ist)

SELAMA 23 tahun, masyarakat di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami krisis air bersih.

Namun kini masyarakat setempat merasa gembira dengan kehadiran bantuan satu unit fasilitas sumur bor yang dilengkapi dengan tenaga surya bantuan dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Penggunaan fasilitas sumur bor tenaga surya telah diresmikan oleh Bupati Timor Tengah Utara, Drs. Juandi David pada Kamis (18/1/2024) lalu,

Baca juga: SMI Raup Sustainability-Linked Syndicated Term Loan Facility Rp10,7 triliun

Melalui program Air Bersih Kita, fasilitas sumur bor ini dapat digunakan oleh RT 020 dan RT 021 di Desa Humusu Wini dan membantu lebih 50 Kepala Keluarga. 

Peresmian Bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ini dihadiri oleh Staf TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) perwakilan dari PT. SMI Muhamad Sapuri, Bupati Timor Tengah Utara Drs. Juandi David, Camat Insana Utara Kristanto Akoit, perwakilan dari Yayasan Bantu Indonesia Bersama Chicca Ervika dan Morenza Belitonito. 

Peresmian fasilitas sumur bor bertenaga surya juga dimeriahkan oleh adat Nusa Tenggara Timur dan warga setempat menyambut dengan hangat kedatangan dari Bupati, Camat, perwakilan PT. SMI, dan perwakilan dari Yayasan Bantu Indonesia Bersama (YBIB).

Baca juga: PT SMI Diduga Jual Obligasi di Bawah Harga Pasar

Sebelumnya, untuk memperoleh air bersih, warga RT 020 dan RT 021 harus menempuh perjalanan dengan jarak kurang lebih dua kilometer, membawa beberapa jerigen kosong dan menggunakan gerobak.

Menyikapi hal tersebut, YBIB yang merupakan mitra dari PT. SMI melakukan peninjauan lebih lanjut terhadap lokasi tersebut, dan menetapkan titik air yang berpotensi untuk dijadikan sumber air dari sumur bor yang akan dibangun.

Dilengkapi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), sumur bor ini dapat menghasilkan sekitar 6.000 - 12.000 liter per harinya dan mampu memenuhi rata-rata kebutuhan setiap kepala keluarga pada Desa Humusu Wini.

Baca juga: Warga Desa Boen NTT Tersenyum Lebar Sambut Air Bersih

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh PT. SMI dan Yayasan Bantu Indonesia Bersama, semoga program ini dapat menginspirasi lebih banyak orang lagi untuk memberikan bantuan kepada desa-desa lain di Nusa Tenggara Timur yang juga membutuhkan” ujar Bupati Timor Tengah Utara, Drs. Juandi David.

Saat  acaraperesmian, Muhamad Sapuri juga menyampaikan,“Setiap tahunnya, PT. SMI memberikan dana bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk membantu masyarakat yang membutuhkan seperti Desa Humusu Wini yang membutuhkan akses air bersih.” (S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat