visitaaponce.com

Milenial Makassar Diajak Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024

 Milenial Makassar Diajak Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024
Petugas KPU Kota Ternate membawa poster informasi Pemilu 2024 saat sosialisasi Pemilu 2024, Minggu (29/10/2023).(ANTARA/ANDRI SAPUTRA)

PEMERINTAH Kota Makassar sedang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Makassar, Sulawesi Selatan, khususnya kaum milenial untuk aktif, dan berpartisipasi memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024. Minggu (28/1), sosialiasi dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar.

Bedanya, Diskominfo Makassar melakukan sosialisasi di Car Free Day (CFD) Jalan Boulevard, sementara DPPPA Makassar di Jalan Jenderal Sudirman. Yang menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Makassar Ismawaty Nur, sosialisasi dilakukan, mengingat pentingnya peran generasi muda dalam proses demokrasi.

"Kita ingin memastikan suara mereka (Milenial) terdengar, untuk bisa bersama-sama dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia. terlebih jumlah pmeilih muda meningkat pada Pemilu 2024. Maka perlu memberikan edukasi kepada masyarakat secara umum, khususnya pemilih muda," jelas Ismawati.

Baca juga: Jokowi Bertemu AHY di Yogyakarta, Saling Bahas Pemilu Damai

Diskominfo Kota Makassar secara khusus mengajak kaum milenial agar tidak golput dan memanfaatkan hak pilihnya pada Pemilu 2024 sembari mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam menerima informasi. "Mengingat maraknya hoaks yang bertebaran di media sosial, masyarakat diharapkan dapat memfilter informasi dengan cerdas dan tidak terjebak dalam penyebaran berita palsu," jelas Ismawaty.

Kegiatan tersebut, tidak hanya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, tapi juga mengambil inisiatif yang proaktif dengan menggelar sosialisasi pemilu damai. "Kegiatan ini tak hanya berfokus pada pemilu damai, tapi juga mengajak masyarakat untuk tidak golput dan menjadi pemilih yang cerdas. Pemilu bukan hanya tentang memilih pemimpin, tetapi juga merayakan semangat demokrasi. Kami ingin setiap warga Indonesia, khususnya di Makassar, menjadi pemilih yang cerdas, menggunakan hak pilihnya dengan bijak, serta menghormati pilihan orang lain," urai Ismawaty.

Terisah, Kepala Dinas PPPA Makassar Achie Soeleman mengatakan, pihaknya menghimbau masyarakat aktif menyalurkan hak pilih pada pemilu 2024. Kegiatan ini juga melibatkan jejaring organisasi/lembaga masyarakat yang peduli terhadap perempuan dan anak, penggiat demokrasi, sehelter warga, serta Forum Anak Makassar.

Baca juga: Surya Paloh Ingatkan Persatuan Bangsa lebih Penting dari Pemilu

Selain ajakan untuk menggunakan hak pilih, juga dilakukan pembagian brosur kepada masyarakat tentang pentingnya memilih, brosur tentang layanan perlindungan perempuan dan anak (UPTD PPA), pelibatan Badut/Maskot KPU, serta disiapkan layanan konsultasi bagi warga tentang Pemilu, layanan konsultasi hukum, maupun layanan konseling oleh psikolog UPTD PPA Kota Makassar.

"Harapan dari Pemerintah melalui Dinas PPPA Kota Makassar kegiatan ini dapat mendorong adanya tambahan pengetahuan bagi masyarakat Makassar tentang layanan perlindungan terhadap perempuan dan anak, serta pengetahuan pentingnya menyalurkan hak pilih pada Pemilu 2024," pungkas Achie. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat