visitaaponce.com

KPU Bantah Mematok Hasil Pemilu Sejak Awal

KPU Bantah Mematok Hasil Pemilu Sejak Awal
Ilustrasi: pemaparan hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di seluruh wilayah DKI saat rapat pleno terbuka(MI/Usman Iskandar)

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari membantah pihaknya telah mematok hasil Pemilu 2024 sejak awal. Menurutnya, pemilu digelar secara langsung, sehingga tidak mungkin bagi KPU menentukan perolehan hasil Pemilu 2024 sebelum pemungutan suara dilakukan.

"Yang menentukan perolehan suara adalah suara pemilih yang menggunakan hak pilih pada hari-H pemungutan suara," ujarnya di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (8/3).

Pernyataan itu disampaikannya menanggapi pernyataan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md mengenai adanya dugaan penguncian suara sebelum pelaksanaan Pemilu 2024. Menurut Hasyim, KPU juga tidak dapat mengontrol berapa jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih saat pemilu.

Baca juga : Banyak Hilangkan Surat Suara, Migrant Care Dorong KPU Audit Logistik Metode Pos

Ia menegaskan, penghitungan suara hasil Pemilu 2024 dilakukan berdasarkan perolehan suara pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing yang direkapitulasi secara berjenjang manual.

"Kalau ada informasi, pernyataan, atau kabar seperti itu, KPU membantah ya. Bahwa KPU tidak pernah mematok, tidak pernah mengunci, tidak pernah menargetkan partai tertentu, pasangan calon tertentu sejak awal harus sekian sejak awal," terusnya..

Sebelumnya, Mahfud menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Pernyataan Hasto itu terkait adanya algoritma yang sengaja mengunci suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 itu di angka 17%.

Menurut Mahfud, dugaan itu sudah tersebar bahkan sebelum hari-H pemungutan suara pada 14 Februari lalu. "Sebelum pemungutan suara isu itu sudah ada. Sudah dikunci sekian dan angkanya persis, tinggal nanti pembuktiannya saja," tandasnya. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat