visitaaponce.com

Mahasiswa ITB Demo, Tolak Pembayaran UKT Melalui Pinjol

Mahasiswa ITB Demo, Tolak Pembayaran UKT Melalui Pinjol
Gedung SBMITB(Dok.ITB)

PULUHAN mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor rektorat yang berada di Jalan Sulanjana Kota Bandung, Jawa barat (Jabar). Aksi ini dilakukan mahasiswa untuk menolak kebijakan rektorat , tentang pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) menggunakan skema pinjaman online (pinjol), Senin (29/1)

Sebelum melakukan aksi, para mahasiswa ini long march dari Kampus ITB di Jalan Tamansari, ke gedung rektorat di Jalan Sulanjana. Mereka tiba di lokasi aksi sekitar pukul 14.00 WIB, sambil membawa spanduk berisi tulisan berbagai kritikan seperti 'Danacita Hapus Cita-cita', 'Pendidikan Harus Membebaskan Bukan Menjajah Finansial', hingga 'Institut tapi Pinjol'. Mereka secara bergantian menyampaikan orasi.

Wakil Menko Sospol KM ITB, Mikail Dhafin, mengatakan, aksi yang digelar oleh mahasiswa merupakan bukti ITB sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja.

Baca juga: Bayar Kuliah Mahal, Mahasiswa ITB Diawari Pinjol dengan Bunga 1,75 Persen

“Mahasiswa disuruh bayar UKT melalui pinjol, setuju gak?” tanya Mikail. 

"Enggak," jawab massa serentak.

Baca juga: Cak Imin: Pemberantasan Pinjaman dan Judi Online tidak Komprehensif

Menurut Dhafin, kedatangan para mahasiswa ini, untuk menemui pihak rektorat. Dia menyayangkan pendidikan yang mestinya dapat membebaskan akal sehat, malah menjajah finansial mahasiswa dengan menganjurkan mahasiswa menggunakan pinjol untuk membayar UKT.

“Ini adalah kampus di mana setiap pertanyaan harus ada jawabnya, maka rektorat harus menjawab pertanyaan kita,” tegasnya.

Dalam aksi ini, terdapat empat poin tuntutan yang disampaikan oleh mahasiswa dalam aksi itu. 

Berikut Tuntutan Mahasiswa ITB:

  1. Memaksimalkan sumber (beasiswa) dan skema (keringanan dan cicilan (UKT) penyelenggaraan dana lainnya yang tidak memberatkan mahasiswa.
  2. Menyelenggarakan kebijakan yang transparan dan berkeadilan;
  3. Menghapus opsi penyelenggaraan dana berupa pinjaman online berbunga;
  4. Menjamin seluruh mahasiswa ITB untuk dapat mengisi FRS dan mendownload KSM. (AN/Z-7)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat