visitaaponce.com

Banjir Bandang Landa Desa Paramasan di Kaki Pegunungan Meratus

Banjir Bandang Landa Desa Paramasan di Kaki Pegunungan Meratus
Ilustrasi - Banjir bandang melanda wilayah kaki Pegunungan Meratus di Desa Paramasan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.(Ist)

BANJIR bandang melanda wilayah kaki Pegunungan Meratus di Desa Paramasan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Riam
Kiwa tersebut menyebabkan jembatan gantung terputus, bangun sekolah, mushola, balai adat, dan sejumlah rumah warga rusak.

"Berdasarkan laporan dari kepala desa (pembekal) yang kami terima peristiwa banjir disebabkan luapan Sungai Riam Kiwa terjadi Senin (29/1) malam. Aktivitas warga lumpuh karena akses jembatan gantung terputus," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar, Warsita, dalam laporan kebencanaannya, Selasa (30/1).

Data sementara tercatat sebanyak 100 rumah warga yang dihuni sekitar 150 keluarga terdampak banjir, akibat terputusnya jembatan gantung sepanjang 64 meter yang menjadi jalur utama menuju Desa Paramasan Atas dan Paramasan Bawah. Derasnya luapan sungai juga menyebabkan satu buah bangunan SDN Paramasan hancur dan fasilitas umum lainnya satu buah Musholla, Balai Adat serta beberapa rumah warga rusak.

Baca juga: Waspada! Banjir Bandang Ancam Daerah pada Awal Tahun 2024

Selain Desa Paramasan, bencana banjir juga melanda Desa Rantau Nangka, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar. Saat ini puluhan rumah warga di tiga RT terendam banjir dengan ketinggian banjir mencapai 60 cm.

Pada bagian lain Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah mengatakan hujan deras yang terus terjadi di sejumlah wilayah menyebabkan terjadinya banjir di sejumlah lokasi pada tiga kabupaten yaitu Balangan, Banjar dan Barito Kuala.

Baca juga: Banjir Hulu Sungai Utara Surut, Sebagian Pengungsi Pulang ke Rumah

"Tanah ambles juga terjadi di Desa Murung Ilung, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan yang menyebabkan rusaknya rumah.warga," tuturnya. Pantauan Media, cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang terus terjadi di sejumlah wilayah Kalsel. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat