visitaaponce.com

Masuk Perangkap, Harimau Sumatra di Aceh Selatan Dievakuasi BKSDA

Masuk Perangkap, Harimau Sumatra di Aceh Selatan Dievakuasi BKSDA
SEEKOR harimau Sumatra masuk perangkap di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh.(Dok. Medcom)

SEEKOR harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) masuk perangkap di Desa Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh. Harimau tersebut kemudian dievakuasi oleh tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

"Harimau tersebut masuk ke dalam kandang jebak yang dipasang oleh tim BKSDA bersama mitra Wildlife Conservation Society (WCS) dan Forum Konservasi Leuser (FKL)," kata Kepala BKSDA Aceh, Gunawan Alza, Sabtu, 3 Februari 2024.

Gunawan menerangkan, dalam dua bulan terakhir, interaksi negatif antara manusia dan harimau Sumatera di Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, meningkat pesat. Harimau Sumatera sering terlihat di permukiman penduduk dan telah beberapa kali memangsa ternak warga. 

Baca juga : Cinta Harimau tidak Berarti Memelihara sang Raja Rimba di Rumah

"Konflik ini berpindah-pindah di beberapa desa, termasuk Desa Buluh Didi, Desa Lawe Sawah, Desa Lawe Cimanok, Desa Pucuk Lembang, Desa Durian Kawan, dan Desa Paya Dapur," ujarnya.

Kemudian, pada 28 Januari 2024, tim dari BKSDA Aceh, WCS-IP, dan FKL berdiskusi dengan Muspika Kecamatan Kluet Timur dan perangkat desa terdampak di Kantor Keuchik Desa Lawe Buloh Didi. Diputuskan bahwa harimau Sumatera tersebut perlu ditranslokasi ke kawasan hutan yang lebih jauh dari permukiman, mengingat durasi dan intensitas konflik yang sudah sangat meresahkan warga. 

"Upaya translokasi diambil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, baik dari pihak warga maupun harimau Sumatera itu sendiri," ungkap Gunawan.

Baca juga : Jual Kulit Harimau, ASN di Aceh Timur Ditangkap Polisi

BKSDA Aceh bersama mitra WCS dan FKL memasang kandang jebak di Dusun Makmur, Desa Lawe Buloh Didi. Pada tanggal 2 Februari 2024, sekitar pukul 07.00 WIB, tim menemukan seekor harimau Sumatera berjenis kelamin betina masuk ke dalam kandang jebak.

"Saat ini, harimau tersebut ditempatkan sementara di Kantor SPTN 1 Tapaktuan BBTNGL," jelasnya.

Baca juga : Miris, Lagi-lagi Harimau Sumatera Mati Terkena Jerat

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat