visitaaponce.com

Longsor di Jalinsum Tapanuli Utara Menuju Tapanuli Tengah, Tiga Tewas

Longsor di Jalinsum Tapanuli Utara Menuju Tapanuli Tengah, Tiga Tewas
Ilustrasi.(Dok MI)

HUJAN deras mengguyur Kabupaten Tapapanuli Utara, Sumatra Utara. Akibatnya, Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Tapanuli Utara (Taput) menuju Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) longsor dan menyeret 7 mobil dan 1 rumah milik warga, tepatnya di Desa Pagaran Pisang Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara.

Akibat kejadian tersebut, pasangan suami istri (pasutri) juga satu bayi tewas di tempat dan satu orang luka berat. Kapolres Taput Ajun Komisaris Besar Ernis Sitinjak melalui Kasi Humas Aipda W Baringbing, Minggu (4/2), mengatakan bahaya longsor terjadi pada Sabtu (3/2) sekira pukul 17.30 WIB. 

Di tengah derasnya hujan, sisi kanan badan jalan menuju Tapteng tiba-tiba longsor serta menyeret tujuh mobil yang sedang melintas menuju Sibolga. Satu mobil terseret hingga badan sungai di sisi kiri menuju Sibolga, mobil terseret hingga ke badan sungai tersebut jenis minibus Ertiga. Akibatnya, tiga penumpang dalam kendaraan tersebut yang merupakan pasangan suami istri dan anak meninggal dunia.

Baca juga : Satu Unit Mobil Pribadi Tertimpa Tanah Longsor di Tapanuli Utara

Tujuh mobil tersebut yaitu 1 mobil truk Fuso, 1 mobil Mitsubishi L300, 4 mobil pribadi jenis Toyota Avanza, dan satu mobil Suzuki Ertiga. Ketiga korban meninggal ialah suami-istri dan anaknya yaitu LG, 28, MG, 29, dan anaknya, UG, 1 tahun 4 bulan, warga Jalan TB Simatupang Kecamatan Medan Sunggal, Medan.

Selain tujuh mobil yang terseret tanah longsor, satu rumah milik SM, 53, turut tertimpa tanah longsor. Akibat kejadian tersebut, pemilik rumah mengalami luka berat dan dirawat di Rumah Sakit Umum Sibolga.

Informasi yang berhasil dihimpun Minggu (4/2) arus lalu lintas Taput menuju Sibolga Tapteng dan sebaliknya sudah dapat dilalui dengan sistem buka tutup. Untuk mengevakuasi kendaraan dan upaya pembersian material longsor dari badan jalan, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menurunkan alat berat sebanyak 2 unit serta menurunkan petugas TNI dan Polri. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat