visitaaponce.com

Garuda Indonesia Maju Sebarkan Cinta di Cilacap

Garuda Indonesia Maju Sebarkan Cinta  di Cilacap
Para petani budi daya udang di Cilacap, Jawa Tengah saat mendapat penyuluhan.(Dok.Cinta)

RELAWAN Garuda Indonesia Maju (GIM) selenggarakan CINTA (Cerita Inspirasi Tani Indonesia), bersama para pembudidaya udang vanamei di Desa Babakan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Acara itu mengedepankan audiensi dan diskusi dari para pembudidaya yang berkaitan dengan kesejahteraan para petani dan masyarakat desa. Permasalahan utama saat ini yang sedang dihadapi para pembudidaya udang vanamei, yaitu meningkatnya biaya produksi yang disebabkan oleh peningkatan harga pakan dan kelengkapan gizi udang.

“Selain permasalahan pakan yang seolah terus terjadi dalam periodisasi tertentu, penurunan harga jual bagi para pembudidaya juga sangat membebani mereka. Pasalnya, kondisi seperti yang menyebabkan penurunan margin keuntungan dan bahkan berpotensi menimbulkan kerugian. Padahal udang vanamei merupakan salah satu makanan laut yang bangak dikonsumsi oleh khalayak umum,” ujar Ketua Koperasi Tani, Cilacap Jawa Tengah, Sanen.

Baca juga : Bersama Warga Ujung Negeri Pertamina Hadir Turunkan Emisi Agar Bumi Lestari

Sekretaris Jendral GIM, Dhika Yudhistira menambahkan pentingnya pembentukan ekosistem desa terintegrasi. Ekosistem inilah yang dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para pembudidaya maupun petani di manapun. Melalui ekosistem desa terintegrasi, kelompok tani dan pembudidaya akan memiliki kesempatan untuk lebih dekat dengan market.

“Ekosistem desa terintegrasi ini sangat krusial perannya dalam menyelesaikan permasalahan di hulu dari petani dan pembudidaya. Selain itu, konsep ekosistem ini juga menjadi akar pergerakan untuk hilirisasi peoduk,” ujarnya.

Konsep itu sangat mungkin untuk dikoptasi baik dalam skala jangkauan kecil maupun besar, sehingga ekosistem desa terintegrasi akan sangat mampu membangun negri dari desa. Dhika juga menyampaikan bahwa kondisi riil di kalangan pembudidaya udang vanamei Cilacap dapat diatasi dengan memberikan fasilitas penunjang bagi mereka, seperti halnya membangun industri rumahan untuk pakan dan juga pembekalan kepada pembudidaya tentang keilmuan terkait.

Baca juga : Program KUR Jahe Merah Libatkan 400 Petani di Bangka Tengah Tidak Sesuai Harapan

GIM akan mendorong program-program seperti industri pasca panen yang mendukung kesejahteraan petani dan masyarakat desa. (AS/N-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat