visitaaponce.com

Cuaca Ekstrem Ancam Jateng, Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Cuaca Ekstrem Ancam Jateng, Waspadai Bencana Hidrometeorologi
Cuaca Ekstream Hingga Februari 2024(MI/RAMDANI)

STASIUN Meteorologi BMKG Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem bencana hidrometerologi. Cuaca ekstrem bakal berlangsung di sejumlah kabupaten hingga Sabtu (17/2).

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Ahmad Yani Semarang Yoga Sambodo mengatakan prospek cuaca ekstrem terjadi akibat aktivitas Monsun Asia berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator, termasuk sekitar wilayah Jateng.

“Selain itu, juga ada daerah konvergensi dan belokan angin terpantau di sekitar Jateng. Kemudian ada labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif,” jelas Yoga pada Kamis (15/2).

Baca juga : Awas, Cuaca Ekstrem Melanda Jawa Tengah

Menurutnya, kondisi tersebut menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan kilat dan angin kencang di beberapa wilayah hingga Sabtu (17/2).

“Pada Jumat (16/2) daerah yang perlu waspada adalah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Karanganyar, Sragen, Blora, Pati, Kudus, Demak, Kabupaten Semarang, Salatiga, Kendal, Batang, Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Kabupaten Tegal, Brebes dan sekitarnya,” kata dia.

Sedangkan pada Sabtu (17/2), ada beberapa yang perlu siaga. Yakni Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kabupaten dan Kota Magelang, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Grobogan, Blora, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Temanggung, Salatiga, Kab. Semarang, Kendal, Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Tegal, Brebes, dan sekitarnya.

Baca juga : Peduli Cuaca

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

“Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” katanya. (LD/Z-7)

Baca juga : Potensi Hujan Lebat dan Kilat di Sejumlah Wilayah Jawa Tengah pada 10 Februari 2024

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat