visitaaponce.com

Pemilu Berlangsung Sukses dan Aman, Warga Papua Tuai Pujian

Pemilu Berlangsung Sukses dan Aman, Warga Papua Tuai Pujian
Sejumlah pekerja menyortir dan melipat surat suara pemilu di Puspenka Hawai, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (12/1)(ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

MESKI sempat diragukan, faktnya Pemilihan Umum 2024 di Papua berlangsung sukses, aman, dan damai. Keamanan itu bahkan berlangsung mulai dari tahap awal hingga pemungutan suara. Hal itu disampaikan oleh Kasatgas Damai Cartenz, Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, akhir pekan lalu.

"Saya pikir semua bisa melihat bahwa proses pemilihan umum di Papua mulai dari tahapan awal hingga pemungutan suara berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan dari KKB dan KKP," ujar Faizal.

Sebelumnya diberitakan bahwa Satgas Damai Cartenz memetakan sembilan daerah yang termasuk daerah kategori rawan. Faizal memaparkan kesembilan daerah tersebut yakni Kabupaten Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Mimika, Jayawijaya, dan Jayapura. 

Baca juga : Surat Suara 4 Distrik di Paniai, Papua Tengah Dilaporkan Dirusak

Namun faktanya di semua daerah tersebut tidak terjadi gangguan dari tahapan awal hingga pemungutan suara.

"Kami memantau situasi Kamtibmas di 9 daerah operasi, pelaksanaan pendistribusian logistik pemilu dan proses pemungutan suara dapat berjalan dengan baik," lanjutnya.

Pada kesempatan sama, Kasatgas Humas Damai Cartenz,  AKBP Bayu Suseno menyampaikan bahwa pasukannya tetap berada di wilayah tersebut. Menurutnya Satgas Damai Cartenz berkomitmen membantu Satgas Operasi Mantap Brata. 

Baca juga : Pengamat: Debat Ketiga Harus Dorong Reformasi Sektor Keamanan

"Ya kami dari personel Operasi Damai Cartenz 2024 sampai dengan hari ini tetap menyiagakan personel kami untuk memperkuat rekan-rekan yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata," tegas Bayu Suseno.

Pihaknya menyadari bahwa kesuksesan pemilu di Papua tak lepas dari andil besar masyarakat Papua. Sebab itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat Papua yang turut menyukseskan pemilu 2024.

"Kami berterima kasih atas kerjasama yang baik sehingga keamanan tetap terjaga dan pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar," ujarnya. (MS/N-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat