visitaaponce.com

BMKG Empat Daerah di Banten Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

BMKG: Empat Daerah di Banten Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem
Ilustrasi(MI/Ramdani)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini dan waspada terhadap empat daerah di wilayah Banten yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang. Empat daerah itu berpotensi dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang serta petir, pada Rabu (21/2).

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG, Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang, mengungkapkan peringatan dini waspada cuaca buruk tersebut disampaikan demi mengurangi risiko kebencanaan supaya tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan material yang lebih besar.

"Potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir ini berpeluang menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung, dan gelombang tinggi," ujar Tatang di Serang, Banten, Selasa (20/9).

Baca juga : Kalimantan Selatan Bentuk Kawasan Siaga Bencana

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini dan kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia, dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter (sedang) di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Sementara itu, penyeberangan Pelabuhan Merak, Banten, menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, yang menggunakan pelayaran kapal Ferry relatif aman dan normal, karena tinggi gelombang Selat Sunda bagian utara hanya 1,25 meter atau tergolong rendah. (Ant/Z-11)

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Kemunculan Siklon Tropis Perlu Diwaspadai

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat