visitaaponce.com

4 Petugas Pemilu di Malang Meninggal Dunia

4 Petugas Pemilu di Malang Meninggal Dunia
Ilustrasi(Freepik)

JUMLAH petugas Pemilu 2024 yang meninggal dunia bertambah di Kota Malang, Jawa Timur. Sebelumnya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), menyusul petugas satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas).

"Yang meninggal dunia itu sebelum pencoblosan suara dan sesudah Pemilu. Yang meninggal sebelum Pemilu saat rekrutmen KPPS," tegas Muhamad Toyib, Komisioner KPU Kota Malang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Selasa (20/2).

Saat ini, ia mendata petugas yang sakit maupun meninggal dunia. Data sementara empat orang meninggal dunia dan empat orang menjalani opname di rumah sakit sejak 15 Februari 2024.

Baca juga : 84 Petugas Pemilu Meninggal, Baru 4 Orang Dikirim Santunan

Mereka kelelahan bekerja, ada pula yang sebelumnya menderita penyakit tertentu. Selama proses Pemilu, beban kerja dari kesibukan sejak sebelum pencoblosan mulai menyiapkan dan memindahkan logistik.

Mereka beraktivitas dari kecamatan sampai tempat pemungutan suara. Setelah itu, aktivitas bertambah saat penyampaian hak pilih. Bahkan, penghitungan suara menguras energi lantaran prosesnya tuntas pukul 21.00 WIB hingga 24.00 WIB.

"Petugas yang meninggal dunia maupun sakit usianya rata-rata 50 tahun ke atas," katanya

Baca juga : 203 Petugas Pemilu 2024 di Sumedang Alami Gangguan Kesehatan

Menurut Toyib, badan adhoc Pemilu yang meninggal dunia mendapatkan santunan Rp36 juta dan Rp10 juta untuk bantuan pemakaman sehingga totalnya Rp46 juta.

Sedangkan Satlinmas sudah memiliki asuransi BPJS dari Pemkot Malang. Adapun bagi mereka yang sakit, pihaknya perlu mengecek detail sakit ringan, sedang, berat dan cacat. Itu pun harus dibuktikan surat keterangan dokter.(Z-4)

 

Baca juga : Jaga Suara Rakyat, Penyelenggara Pemilu di TPS Rela ‘Berperang’ Lawan Rasa Kantuk

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat