visitaaponce.com

Curah Hujan Normal, Musim Tanam Oktober Maret di Ende Berlanjut

Curah Hujan Normal, Musim Tanam Oktober Maret di Ende Berlanjut
Ilustrasi.(MI/PALCE AMALO)

PETANI di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa bernafas lega karena bisa melanjutkan musim tanam Oktober Maret (Okmar). Sebelumnya, para petani khawatir gagal panen karena kekeringan akibat curah hujan masih minim.

Hal itu terjadi pada pertengahan Januari lalu. Namun, memasuki Februari, intensitas curah hujan kembali normal dan tanaman padi nampak menghijau kembali.

Plt Kepala Dinas Pertanian Ende Gadir Dean menjelaskan, anomali iklim yang tidak menentu, ditambah dengan rendahnya curah hujan berdampak pada ribuan hektare lahan sawah tadah hujan di beberapa wilayah yang tidak dapat ditanami. 

Baca juga : Hama Ulat Penggerek Batang Serang Lahan Sawah di Aceh

"Dinas Pertanian telah melakukan intervensi dengan memberikan benih baru untuk musim tanam Desember Januari dan juga memberikan bantuan dengan menurunkan brigade Alsinta seperti mesin pompa untuk membantu petani," ujar Gadir, melalui keterangannya, Rabu (21/2).

Gadir mengungkapkan, memasuki Februari, curah hujan kembali normal. Dalam seminggu, terjadi hujan 3-4 kali. Sehingga, ketersediaan air mulai tercukupi dan kondisi tanaman juga tumbuh normal.

"Situasi ini menunjukkan urgensi untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam menghadapi perubahan iklim yang semakin tidak terduga. Serta meningkatkan ketahanan pangan di wilayah ini," ujarnya.

Baca juga : Fenomena El Nino, Petani Aceh Bisa Panen Gadu 15 Ribu Hektare

Data yang diperoleh dari Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Ende menunjukkan, hingga Februari 2024, sekitar 3.179,89 hektare lahan sawah tadah hujan di Ende masih kosong, dari total luas lahan sawah tadah hujan yang mencapai 4.265,19 hektare. Sekitar 1.085,30 hektare sawah tadah hujan yang telah dimanfaatkan dan ditanami oleh petani selama musim tanam Oktober 2023 hingga Maret 2024. 

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengingatkan seluruh daerah untuk mengantisipasi terhadap musim kemarau tahun ini serta menyiapkan alokasi bantuan dan memanfaatkan berbagai sumber air.

”Kami terus memantau daerah-daerah yang belum tanam yang disebabkan belum tersedianya air hingga ke lahan, menggunakan pompanisasi dengan memanfaatkan sumber air yang ada sehingga lahan terairi," ujar Ali.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat