visitaaponce.com

3 TPS di Bengkulu Gelar PSU, 1 TPS Sepi Pemilih

3 TPS di Bengkulu Gelar PSU, 1 TPS Sepi Pemilih
TPS 16 di Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Bengkulu sepi pemilih saat PSU digelar pada Kamis (22/2).(METRO TV/FERY JAYA SAPUTRA)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu pada Kamis (22/2) kemarin menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) dalam rangka Pemilu 2024 di 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di 2 Kecamatan di Kota Bengkulu yakni di Kecamatan Gading Cempaka dan Kecamatan Selebar.

Untuk di Kecamatan Gading Cempaka terdapat 2 TPS yang melakukan pemungutan suara ulang yakni di TPS 4 Cempaka Permai yang melakukan PSU untuk untuk 5 jenis surat suara dan di TPS 16 Kelurahan Jalan Gedang yang melakukan PSU untuk pemilihan Presiden dan wakil Presiden.

Sedangkan untuk di Kecamatan Selebar yang melakukan pemungutan suara ulang yakni di TPS 6 Pekan Sabtu, PSU untuk pemilihan Presiden, DPR RI dan DPD RI.

Baca juga : 5 TPS di Bengkulu akan Gelar PSU

Komisioner KPU Kota Bengkulu, Anggi Stephensent mengatakan dilakukannya pemungutan suara ulang di 3 tps di 2 Kecamatan berbeda di wilayah Kota Bengkulu ini dilakukan karena adanya temuan pelanggaran administrasi yang dilakukan petugas TPS.

Menurutnya, terdapat pemilih yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) telah melakukan pencoblosan pada 14 Februari yang lalu. Bawaslu merekomendasikan agar dilakukan PSU.

Sementara itu, terpantau satu TPS yakni TPS 16 di Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka terlihat sepi akan pemilih yang ingin menyalurkan hak suaranya di Pemungutan Suara Ulang yang dilakukan oleh KPU Kota Bengkulu.

Baca juga : 55 TPS di Sulsel Diminta Lakukan PSU, Bawaslu: 9 Kasus Berpotensi Pidana

Bahkan sejumlah kursi yang telah di sediakan oleh petugas TPS terlihat kosong tanpa adanya pemilih yang datang ke TPS hingga PSU selesai dilakukan.

TPS sepi akan pemilih ini diduga terjadi karena pemungutan suara ulang yang dilakukan oleh KPU Kota Bengkulu bertepatan dengan hari jam kerja, sehingga kebanyakan pemilih tidak menyuarakan hak pilihnya karena harus masuk kerja.

Selain di Kota Bengkulu, PSU juga akan dilakukan di dua Kabupaten di Bengkulu yakni di Kabupaten MukoMuko dan Kabupaten Seluma yang di akan digelar pada Minggu (25/2).

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat