visitaaponce.com

KPU Kota Malang Gelar PSU di 3 TPS

KPU Kota Malang Gelar PSU di 3 TPS
Pekerja menyelesaikan sortir dan melipat surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024.(MI/RAMDANI)

KOMISI Pemilihan Umum Kota Malang, Jawa Timur, menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di tiga tempat pemungutan suara (TPS). PSU dengan pemilih sebanyak 760 pemilih dijadwalkan pada Sabtu (24/2).

"PSU di Kelurahan Mojolangu TPS 14 dan 37, di Kelurahan Jatimulyo TPS 48," tegas Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas, Rabu (21/2).

Saat ini, panitia pemilihan kecamatan menyiapkan logistik dan surat suara bertanda khusus. Pemberitahuan kepada pemilih sehari sebelum PSU.

Baca juga : Polisi Berikan Pengamanan Ekstra PSU 6 TPS di Poso

"PSU hanya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden," katanya.

Ia menjelaskan kronologis PSU ini bermula dari sekelompok pemilih dari luar Kota Malang hanya membawa kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) mendatangi TPS memaksa menyampaikan hak pilih pada 14 Februari. Padahal, mereka tidak masuk daftar pemilih tambahan (DPTb) karena belum mengurus DPTb.

"Mereka datang di atas jam 12.00 WIB, bawa KTP-el ngotot minta difasilitasi. Datang berbondong ada yang 23 orang, ada yang jumlahnya 24 orang, ada pula yang 27 orang," ujarnya.

Petugas PPS memfasilitasi dengan memasukkan mereka pada daftar pemilih khusus. Keputusan ini yang membuat data Pilpres menjadi tidak cocok. 

Lalu, Panitia Pengawas Kecamatan Lowokwaru membuat surat saran perbaikan lantaran berpotensi PSU. Setelah itu, KPU menggelar rapat pleno memutuskan PSU di tiga TPS. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat