visitaaponce.com

Tawon Tewaskan Seorang Warga, Pemadam Kebakaran Langsung Evakuasi Sarangnya

Tawon Tewaskan Seorang Warga, Pemadam Kebakaran Langsung Evakuasi Sarangnya
Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi sarang tawon.(Antara)

Petugas gabungan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat, mengevakuasi sarang tawon di Kelurahan Kedungjaya, Kamis (22/2) malam. Sebelumnya, seorang warga berusia 50 tahun tewas tersengat tawon yang berasal dari sarang tersebut.

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan DPKP Kota Bogor Ade Nugraha mengatakan petugas gabungan diterjunkan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap untuk mengevakuasi sarang tawon yang berada di atap rumah warga.

"Lama penanganan kurang lebih 20 menit. Posisinya memang sangat sulit dijangkau. Itu berada di atas ketinggian kurang lebih sekitar 10 meter," ujar Ade di Bogor, Jawa Barat,Kamis.

Baca juga : Dua Korban Longsor Muarasari Bogor Meninggal Dunia

Terlebih, kata Ade, ukuran sarang tawon dengan jenis Vespa affinis itu cukup besar. Diperkirakan, sarang tawon itu sudah berkembang selama bertahun-tahun karena jumlah koloninya diperkirakan sudah mencapai ribuan.

"Telurnya juga sangat banyak. Kalau tidak ditangani segera, itu akan sangat cepat bertambah jumlahnya," tuturnya.

Ia juga meminta warga di sekitar lokasi kejadian untuk mematikan lampunya selama proses evakuasi berlangsung, karena tawon merupakan serangga yang sensitif terhadap cahaya.

Baca juga : Sukabumi Minta PVMBG Kaji Retakan Tanah akibat Gempa di Kota Bogor

"Dikhawatirkan kalau misalkan tawonnya ada keluar dari sarang itu, akan langsung menuju rumah warga yang ada cahaya," ucapnya.

Ade mengimbau warga agar lebih berhati-hati menangani sarang tawon. Masyarakat diminta menghubungi pemadam kebakaran jika ingin melakukan pemindahan.

"Sebaiknya menghubungi pihak pemadam kebakaran dan tidak ditangani sendiri supaya tidak jatuh korban lagi," katanya.

Sehari sebelumnya, pada Rabu (21/2) Seorang warga di RT 1/RW 6, Kelurahan Kedungjaya, Kota Bogor, Jawa Barat, berinisial UD meninggal dunia akibat disengat tawon. Korban disengat tawon pada Rabu siang dan meninggal dunia pada malam harinya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat