visitaaponce.com

Lonjakan Harga Cabai Rawit di Pesisir Mencapai Rp150 Ribu Menjelang Ramadan

Lonjakan Harga Cabai Rawit di Pesisir Mencapai Rp150 Ribu Menjelang Ramadan
Harga cabai di pesisir Gresik tembus 150 ribu/kilogram(Antara)

HARGA cabai rawit di pasar tradisional Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengalami lonjakan signifikan menjelang Ramadan, mencapai Rp150 ribu per kilogram. Kenaikan harga yang mencapai 100 persen disebabkan oleh kegagalan panen tanaman petani lokal akibat cuaca ekstrem.

Dewi, seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Panceng, mengeluhkan kenaikan drastis ini. "Binggung kita, semua bahan pokok naik. Tapi yang paling banyak naiknya cabai. Kemarin saya setengah kilo Rp60 ribu," ujarnya.

Harga cabai rawit hampir dua kali lipat dari sepekan sebelumnya yang masih berada dalam kisaran Rp85 ribu per kg. Rohmah, seorang pedagang sayur di pasar Panceng, mengungkapkan ketidakstabilan harga yang terjadi hampir setiap hari.

Baca juga : Awal Ramadan, Daging Kambing di Pantura 120 Ribu per Kg

"Harga cabai naik hampir tiap hari. Kita juga pusing Mas," ungkap Rohmah, Senin (26/2).

Rohmah menyebutkan bahwa kenaikan sekitar Rp5 ribu - 10 ribu per hari selama seminggu membuat harga cabai rawit merah mencapai Rp150 ribu per kg, sementara yang campuran hijau berkisar Rp120 ribu.

Cabai yang dijualnya didatangkan dari pasar agrobis di Kecamatan Babat, Lamongan, dengan harga awal sekitar Rp120 ribu. Setelah memperhitungkan biaya transportasi dan lain-lain, dia menjualnya dengan harga Rp150 ribu per kg.

Baca juga : Harga Cabai Rawit di Bangka Tembus Rp120 Ribu, Jelang Bulan Ramadhan

Kenaikan drastis ini disebabkan oleh gagal panen cabai lokal di Kecamatan Paciran dan Brondong, Lamongan, akibat cuaca ekstrem dan kekeringan selama musim kemarau. Rohmah berharap bahwa dengan masuknya pasokan dari petani lokal, harga cabai dapat stabil kembali ke kisaran Rp50 ribu per kg.

"Saat ini petani baru menanam lagi, mungkin dua tiga bulan lagi harga cabai baru turun karena petani mulai panen," ungkap Rohmah.

Dengan situasi ini, warga berharap pemerintah segera melakukan operasi pasar untuk menjaga ketersediaan dan keterjangkauan bahan pangan, termasuk cabai, menjelang bulan Ramadan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat