visitaaponce.com

Rayakan HUT Ke-236 Kota Denpasar, Walikota Minta Warga Jaga Toleransi

Rayakan HUT Ke-236 Kota Denpasar, Walikota Minta Warga Jaga Toleransi
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 236 Kota Denpasar di Lapangan Lumintang Denpasar, pada Senin (26/2/).(Dok.Pemkot Denpasar)


SEBAGAI daerah yang terkenal dengan pariwisatanya, Bali, khususnya Denpasar memang dikenal memiliki masyarakat yang beragam. Untuk mereka diharap bisa terus menjaga kerukunan dan sikap toleransi tersebut. 

Hal itu dikatakan Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara seusai memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 236 Kota Denpasar di Lapangan Lumintang Denpasar, pada Senin (26/2/). 

"Kita ingin mempertegas kembali semangat Vasudhaiva Kutumbakam yakni kita semua bersaudara, dan Ajibinaya sebagai tema Hut Ke-236 dapat meningkatkan rasa kebijaksanaan dan toleransi menuju Pembangunan Denpasar Maju," tutur IGN Jaya Negara.

Baca juga : Tim SAR Gabungan Cari ABK yang Terjatuh di Perairan Pantai Soka Bali

Peringatan HUT pada tahun ini, mengangkat tema 'Ajibinaya yang berarti bagaimana kita bijaksana dalam menyikapi perbedaan di tengah heterogenitas Kota Denpasar. Hal ini dilakukan sebagai upaya membangun spirit kebijaksanaan, kebersamaan, dan toleransi  dengan heterogenitas menuju Denpasar yang maju, aman dan damai.

"Dalam mewujudkan rasa toleransi dan bijaksana dalam perbedaan, Pemkot Denpasar telah memberikan insentif dan dilindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan kepada semua pemuka agama. Diharapkan kepada pemuka agama dari Agama Hindu, Budha, Islam, hingga Konghucu dapat aman dan nyaman dalam mengayomi umat," paparnya.

Pembacaan sejarah Kota Denpasar mengawali pelaksanaan apel yang berlangsung khidmat.  Kemeriahan apel juga diisi dengan iringan Korsik dan Gambelan Semar  Pegulingan. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan sambutan  Penjabat Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya oleh Walikota Denpasar.

Baca juga : Ringankan Warga Beli Bahan Pokok, Pemkot Denpasar Gelar Pasar Murah

"Kami berkomitmen dalam menjawab tantangan pembangunan di Kota Denpasar, serta partisipasi masyarakat Denpasar sangat tinggi, dan ini menjadi wujud  Vasudhaiva Kutumbakam," ujar Jaya Negara.

Selain seremonial upacara, pada apel tersebut juga dilaksanakan penyematan Penganugrahan Satya Lencana dari Presiden RI, dan penyerahan sembako kepada petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar oleh Walikota Jaya Negara.

"Kota Denpasar akan fokus menyelesaikan masalah sampah, jaringan kabel, dan air bersih. Beberapa langkah-langkah pun telah dilakukan. Kita sudah membangun Saluran Utilitas Jaringan Terpadu (SUJT). Untuk air minum melalui Perumda Air Minum Sewakadarma telah dilakukan rancangan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Sedikit demi sedikit semua permasalahan akan kami selesaikan demi Denpasar yang lebih baik," ujarnya. (RS/N-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat