visitaaponce.com

Babel Butuh 400 Ton Daging Sapi untuk Lebaran Idul Fitri

Babel Butuh 400 Ton Daging Sapi untuk Lebaran Idul Fitri
Ilustrasi(ANTARA/YUDI)

GUNA mencukupi kebutuhan daging sapi saat Lebaran mendatang, Bangka Belitung (Babel) membutuhkan 2.000 ekor sapi atau sekitar 400 ton daging sapi.

Namun sayangnya kebutuhan daging sapi untuk Lebaran tahun ini belum mencukupi dan harus didatangkan dari luar daerah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Bangka Belitung (Babel) Edi Romdhoni mengatakan saat ini jumlah sapi yang ada baru sekitar 1.200 ekor.

Baca juga : H-10 Lebaran, Harga Daging Sapi di Babel Merangkak Naik

"Kebutuhan daging sapi kita untuk Lebaran itu 2.000 ekor, tapi yang ada baru sekitar 1.200 ekor," kata Edi Romdhoni, Selasa (27/2). Total 1.200 ekor sapi itu rinciannya, stok lokal 400 ekor dan stok sapi dari luar ada 800 ekor. Sehingga masih kurang 800 ekor.

Ia mengaku rata-rata bobot daging dari satu ekor sapi 200 kg jadi total baru ada sekitar 240 ton dari 1.200 ekor sapi itu.

"Kalau 2.000 ekor sapi itu, rata-rata berat dagingnya 200 kg berarti kita butuh daging sapi untuk Lebaran sebanyak 400 ton,"ujarnya.

Baca juga : Penyakit Antraks Pengaruhi Harga Daging Sapi di Palu

Untuk mencukupi kebutuhan daging ini. Pihaknya sudah meminta distributor sapi mendatangkan sapi dari luar daerah. "Kami yakin saat Lebaran nanti kekurangan sapi ini akan didatangkan dari luar daerah," ungkapnya.

Ia mengutarakan harga daging sapi di pasar saat ini masih terbilang stabil, yakni Rp135 ribu per kilo. "Kalau sekarang masih stabil tapi nanti menjelang Lebaran kemungkinan besar ada kenaikan," imbuhnya.

Sementara pedagang daging sapi di Pasar Kite Sungailiat Bangka, Anton, membenarkan saat ini harga masih di level Rp135 ribu per kg.

Selain itu untuk pembeli pun sekarang masih terbilang dalam kondisi aman. Biasanya jumlah pembeli akan melonjak menjelang Lebaran dan kemudian akan diikuti naiknya harga daging sapi

"Jelang Lebaran nanti, kami perkirakan harga daging sapi naik Rp140 ribu per kg hingga Rp150 ribu per kg," katanya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat