visitaaponce.com

PT Timah Dukung Pembangunan Rumah Adat Sentana Jering Amantubillah

PT Timah Dukung Pembangunan Rumah Adat Sentana Jering Amantubillah
PT Timah Tbk mendukung pembangunan rumah Adat Sentana Jering Amantubillah di Desa Pelangas, Kabupaten Bangka Barat.(Ist)

BUMN Holding Industri Pertambangan Mind Id membuktikan komitmennya terkait pelestarian masyarakat adat. 

Hal itu dilakukan melalui berbagai program yang telah dilaksanakan Grup Mind Id, salah satunya PT Timah Tbk melalui program Kampung Adat Gebong Memarong.

“Grup Mind Id PT Timah Tbk berperan aktif dalam pelestarian masyarakat adat, budaya, dan tradisi. Oleh karena itu, program ini diambil sebagai inisiatif perusahaan untuk mendukung masyarakat adat Mapur,” kata Sekretaris Perusahaan Mind Id, Heri Yusuf, dalam keterangan, Kamis (29/2).

Baca juga : Grup Mind Id PT Timah Tbk Gandeng Pelajar Jadi Agen Pencegahan Stunting

Melalui program ini, PT Timah Tbk mendukung penyelenggaraan tradisi dan budaya masyarakat serta dukungan kegiatan seni tradisional dan lainnya.

Terkait pelestarian tradisi dan budaya, PT Timah Tbk memiliki kegiatan Sedekah Kapong Kundi Bersatu di Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung (Babel). 

Melalui kegiatan tersebut, PT Timah Tbk mendukung pembangunan rumah Adat Sentana Jering Amantubillah di Desa Pelangas, Kabupaten Bangka Barat.

Baca juga : Melalui Program PUMK Grup Mind Id, Pengusaha Ayam Telur Ini Tuai Sukses 

Adapun pada 2023, PT Timah Tbk juga telah mendukung Tradisi Sembahyang Bulan di Desa Puput serta tradisi Perang Ketupat di Desa Tempilang, Bangka Barat. 

Dukungan pelestarian yang sejalan dengan prinsip keberlanjutan lingkungan ini dilakukan atas kerja sama dengan lembaga adat dan masyarakat untuk menjaga tradisi dan budaya.

PT Timah Tbk mengambil peran khusus pada program bernuansa etnik serta mengemban rasa peduli pada aset budaya, kearifan lokal, serta tradisi dengan mendukung kelembagaan komunitas melalui Lembaga Adat. 

Baca juga : Program Reklamasi Grup Mind Id Terapkan Tata Kelola Pertambangan yang Baik

Tak bisa dipungkiri bahwa kegiatan adat masyarakat adalah langkah penting dalam membangun kemitraan dengan masyarakat karena aspek-aspek tersebut memberi harmoni dalam lapisan sosial masyarakat.

Sementara di sisi lain, Mind Id telah menerbitkan Kebijakan Pelaksana tentang Hak Asasi Manusia (HAM) yang mencakup perlindungan terhadap hak-hak masyarakat adat, pelestarian budaya setempat, dan perlindungan hak ulayat. 

Grup Mind Id juga memiliki Kebijakan Pelaksana mengenai Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat yang berfokus pada pengembangan dan pelibatan masyarakat adat.

Baca juga : Mind Id Terus Dukung Kiprah Local Heroes di Sejumlah Daerah

Bagi Mind Id, HAM adalah elemen dasar yang tidak dapat dipisahkan dari visi dan misi bisnis penambangan. 

Mind Id menyadari bahwa membangun hubungan baik dengan masyarakat setempat, termasuk suku adat, sangat penting.

Tak heran jika tak pernah terjadi insiden pelanggaran hak masyarakat adat oleh Grup Mind Id. 

Baca juga : Grup Mind Id Garap Program Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Grup Mind Id selalu mengedepankan komunikasi, pendekatan sosial budaya, serta mengoptimalkan kontribusi sosial untuk masyarakat adat dalam bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi, dan sosial budaya.

Grup Mind Id, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memiliki unit bisnis yang operasionalnya berdampingan dengan masyarakat adat. 

Beberapa di antaranya adalah Unit Bisnis Pertambangan Bauksit (UBPB) Kalimantan Barat yang berdampingan dengan Suku Dayak sert Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Maluku Utara yang berdampingan dengan Suku Togutil.

Baca juga : Jalankan Program TJSL, Ratusan UMKM Binaan MIND Naik Kelas

Bersama anggota masyarakat adat dari Suku Togutil, PT Antam Tbk berperan aktif dalam membangun dan mengembangkan Kampung Budaya Togutil yang merupakan inisiatif perusahaan sebagai bagian dari kontribusi dan investasi sosial perusahaan. 

Tujuannya untuk memperkuat keberlanjutan budaya Suku Togutil.

PT Antam Tbk bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur, fasilitas pendidikan, dan pelestarian tradisi. 

Baca juga : PT Timah Tbk Beri Pelatihan Ecoprint untuk Warga Lapas Pangkalpinang

Keberadaan Kampung Budaya Togutil pun menjadi tempat yang berhasil menghidupkan warisan budaya Suku Togutil sekaligus mampu memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat untuk mempertahankan dan memperkaya identitas budaya mereka.

Sementara itu, di Kalimantan Barat, PT Antam Tbk juga mendukung potensi di sekitar area operasionalnya, khususnya di daerah Tayan. 

Sejak 2018, PT Antam Tbk menjadikan Danau Laet di Desa Subah, kecamatan Tayan Hilir, Pontianak, Kalimantan Barat, sebagai UMK Binaan.

Baca juga : Kendati Harga Timah Turun, PT Timah Tbk Setor Pajak dan PNBP Rp124,7 Miliar 

Tak hanya dikelilingi keindahan alam, danau ini juga memiliki 12 pulau yang terletak di bagian tengahnya. Salah satu pulau tersebut adalah Kampung Otong yang dihuni sekitar 42 Kepala Keluarga (KK).

 Para pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Laet dengan menggunakan perahu yang disewakan

PT Antam Tbk juga telah membangun miniatur rumah adat Betang, membangun toilet yang layak, menyediakan lifevest bagi penumpang perahu, serta mengembangkan penerangan alternatif berupa solar cell. 

Baca juga : Mind Id Bawa UMKM Kolang Kaling Kolka Griya ke Kancah Internasional

Tak hanya potensi alam, PT Antam Tbk juga menunjukkan kepeduliannya terhadap pelestarian budaya Tayan melalui program Rumah Betang, yakni rumah khas suku Dayak yang terus dilestarikan di Tayan karena memiliki ornamen-ornamen yang menjadi identitas dari masyarakat Suku Dayak.

Selain PT Antam Tbk, Anggota Mind Id lainnya juga terus menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat setempat. 

PT Timah Tbk juga menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat di area operasional Belinyu yang berdekatan dengan Suku Melayu-Orang Lom. (S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat