visitaaponce.com

Sepekan Jelang Ramadan Harga Cabai di Palangka Raya Tembus Rp125 Ribu per Kilogram

Sepekan Jelang Ramadan Harga Cabai di Palangka Raya Tembus Rp125 Ribu per Kilogram
Ilustrasi pedagang cabai di pasar tradisional.(Dok. MI/Susanto)

SEPEKAN menjelang puasa Ramadan harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) kini kian melonjak.

Contohnya di Pasar Kahayan yang berada di bilangan Jalan Tjilik Riwut, dan Pasar Besar Palangka Raya harga saat ini berkisar Rp100 ribu--Rp125 ribu per kilogram (kg), padahal seminggu kemarin harga cabai rawit ini sudah naik hingga Rp100 per kg dari harga Rp55 per kg.

Para pedagang mengaku merugi akibat kenaikan ini. Bahkan sejumlah pedagang sayur keliling tidak berani membeli akibat tingginya harga.

Baca juga : Harga Cabai Rawit di Palangka Raya Rp130 ribu/kg

“Kami tidak bisa membeli cabai karena harganya terlalu tinggi,” kata Iksan pedagang sayur keliling, Minggu (3/3).

Menurut Iksan, sepekan lalu dirinya bisa membeli sedikit cabai rawit dan menjual eceran beberapa biji agar warga masih bisa membeli cabai seperti biasa,

“Tapi saat ini tidak bisa lagi karena terlalu mahal,” tutur dia .

Baca juga : Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Ayam dan Cabai di Palangka Naik

Menurut pedagang cabai kenaikan harga cabai karena banyak petani gagal panen dan pemasok agak kesulitan mencarinya. Tak hanya itu, kata Ikhsan harga sejumlah sayuran yang didatangkan dari Pulau Jawa juga mengalami kenaikan seperti kentang yang sebelumnya Rp25 ribu per kg naik menjadi Rp55 ribu per kg, begitu juga dengan wortel yang sebelumnya Rp20 ribu per kg naik menjadi Rp50 ribu per kg.

Sementara itu Rahmi pedagang makanan di Jalan Rajawali Kota Palangka Raya mengatakan dirinya terpaksa membeli cabai karena sudah merupakan bahan pokok masakan yang dirinya buat.

“Kami tetap membeli cabai namun sedikit dan mengurangi pemakaian karena kami tidak ingin ayam geprek yang saya buat ikut naik harganya,” tutur dia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat