visitaaponce.com

Angka Kasus DBD di Bali Turun Drastis

Angka Kasus DBD di Bali Turun Drastis
Petugas Dinas Kesehatan mengenakan kostum nyamuk saat sosialisasi pencegahan demam berdarah.(ANTARA/PRASETIA FAUZANI)

JUMLAH kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bali dalam dua bulan terakhir di awal tahun ini mengalami penurunan drastis. Data dari 9 kabupaten/kota yang dilaporkan pada Januari 2024 tercatat penderita DBD berjumlah 709 orang. Dan angka tersebut turun secara signifikan menjadi 367 kasus/orang selama Februari 2024.

“Ada penurunan kasus DBD pada Februari yang tercatat 367 kasus, dari bulan sebelumnya pada januari sebanyak 709 kasus,” ujar Humas Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Sudira saat dikonfirmasi Senin (4/3).

Dari jumlah tersebut, kata Sudira, baik pada Januari maupun Februari tidak ada kasus penderita yang sampai meninggal dunia. Jika dilihat per kabupaten, jumlah terbanyak penderita DBD adalah Kabupaten Gianyar yakni sebanyak 294 kasus, yang menurun menjadi 124 kasus pada Februari 2024.

Penurunan angka kasus DBD ini tak terlepas dari gencarnya soalisasi yang dilakukan masing-masing pemerintah daerah dalam pencegahan munculnya DBD. Salah satunya adalah pemantauan jentik nyamuk oleh jumantik (juru pemantau jentik) secara langsung dari rumah ke rumah warga.

Seperti di Kabupaten Badung, petugas jumantik rajin melakukan pemantauan secara rutin ke rumah-rumah warga. Hal ini diakui warga di Desa Dalung, Kuta Utara. “Ya, petugas jumantik rutin datang ke rumah terutama mengecek bak-bak kamar mandi,” aku Nyoman Sugi, warga di Banjar Campuhan Asri Kangin, Desa Dalung. (Z-6)  

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat