visitaaponce.com

Antisipasi DBD dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan

Antisipasi DBD dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan
Petugas Dinas Kesehatan mengenakan kostum nyamuk saat sosialisasi pencegahan demam berdarah.(ANTARA/PRASETIA FAUZANI)

PEMERINTAH Kota Palu, Sulawesi Tengah, beharap warga menjaga kebersihan lingkungan pemukimannya agar terhindar dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido mengatakan, musim hujan sudah berlangsung di Palu sehingga menyebabkan beberapa wilayah ditemukan nyamuk pembawa vektor DBD.

Bahkan, dari hasil laporan beberapa instansi, baik dari rumah sakit hingga puskesmas ditemukan beberapa warga yang mengalami DBD.

Baca juga : Waspada Demam Berdarah pada Musim Hujan

“Oleh karena itu kebersihan lingkungan pemukiman masyarakat harus dijaga agar nyamuk pembawa vektor DBD tidak ditemukan atau berkembang,” terangnya di Palu, Senin (4/3).

Menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan itu, pengasapan atau fogging dengan insektisida untuk memberantas nyamuk pembawa vektor DBD telah dilakukan di sejumlah wilayah.

Meski pun demikian, peran serta warga tetap diperlukan sehingga bisa dipastikan seluruh lingkungan pemukiman terjaga kebersihannya.

“Karena percuma rutin fogging kalau lingkungan pemukiman warga juga tidak bersih. Makanya kebersihan itu penting untuk mencegah DBD,” tandas Reny. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat