visitaaponce.com

KPU Bengkulu Gelar Pleno Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

KPU Bengkulu Gelar Pleno Penghitungan Suara Tingkat Provinsi
Ilustrasi.(ANTARA/IGGOY EL FITRA)

KPU Provinsi Bengkulu menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat provinsi pada Rabu (6/3) hingga Jumat (8/3).

"Pada pleno ini masing-masing KPU kabupaten/kota akan menyampaikan hasil perolehan suara di masing-masing wilayah dan dalam pleno ini juga dibuka serta dibacakan KPU kabupaten/kota," kata Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Rusman Sudarsono di Bengkulu.

Pleno tersebut, lanjut dia, untuk mengetahui hasil perolehan suara di Provinsi Bengkulu, pada pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, dan DPRD Provinsi Bengkulu.

Baca juga : Masyarakat Wajib Pantau Proses Rekapitulasi Berjenjang

Pada pleno hari pertama, diawali dari Kabupaten Rejang Lebong, Kaur, dan Kepahiang.

Pada penyampaian hasil perolehan suara juga dihadiri saksi dari pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon perseorangan dan saksi dari partai politik untuk mencocokkan hasil pembacaan formulir D hasil dan hasil yang tercantum dalam tampilan Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Suara (Sirekap) pemilu.

"Forum ini juga menjadi sarana bagaimana KPU memeriksa bersama dan kalau memang masih terjadi selisih hasil dalam perolehan suara itu nanti akan dikoreksi bersama saksi, Bawaslu dan KPU," imbuhnya.

Sirekap pemilu, kata dia, merupakan alat bantu sehingga jika terjadi perbedaan hasil untuk acuan dalam rekapitulasi hasil perolehan suara tetap menggunakan formulir D dari hasil pleno tingkat kabupaten/kota yang dijadikan dasar hukum. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat