visitaaponce.com

Curah Hujan Tinggi, Air Kolam Penampungan Lumpur Lapindo Penuh, Warga Was-was

Curah Hujan Tinggi, Air Kolam Penampungan Lumpur Lapindo Penuh, Warga Was-was
Warga menunjukkan kolam penampungan lumpur lapindo yang penuh.(Dok. MI)

CURAH hujan yang tinggi mengakibatkan volume air kolam penampungan (pond) lumpur Lapindo di Kabupaten Sidoarjo menjadi penuh. Ketinggian air yang hampir sama dengan puncak tanggul, membuat warga di sekitar menjadi was-was.

Selama musim hujan ini, kolam penampungan lumpur Lapindo terlihat penuh air seperti danau. Volume air terus bertambah dan ketinggiannya hampir sama dengan puncak tanggul.

Kondisi ini menyebabkan warga Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo menjadi was-was. Kekhawatiran warga desa ini bisa dimaklumi, karena pemukiman mereka berdekatan dengan tanggul.

Baca juga : Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Sertifikat Tanah untuk Korban Lumpur Lapindo

"Setiap hari kami khawatir, bagaimana bila sewaktu-waktu tanggul jebol, saat hujan deras mengguyur. Kekhawatiran tersebut semakin kami rasakan saat di malam hari," kata Sukardi,55, warga Desa Gempolsari, Jumat (15/3).

Sejak menyembur pertama kali 29 Mei 2006 silam, hingga saat ini lumpur panas masih terus keluar. Sementara pihak Pusat Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (PPLS), hanya bisa melakukan penguatan tanggul, dan mengarahkan luberan lumpur ke Sungai Porong.

PPLS bersama warga meningkatkan kewaspadaan dengan berjaga atau siaga, serta melakukan monitoring 24 jam.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat