visitaaponce.com

Gempa Tuban Juga Terasa di Sebagian Wilayah Kalsel

Gempa Tuban Juga Terasa di Sebagian Wilayah Kalsel
Gempa Tuban.(DOK BMKG)

GEMPA bumi yang terjadi di Tuban, Jawa Timur berkekuatan 6.0 magnitudo pada Jumat (22/3) sekitar pukul 12.22 Wita dan diikuti sejumlah gempa susulan juga terasa hingga Kalimantan Selatan (Kalsel).

Berdasarkan data BMKG Balikpapan, pusat gempa berada di laut 132 km Timur Laut Tuban, Jawa Timur dengan kedalaman 10 km. Titik gempa terletak pada koordinat 5,79° Lintang Selatan dan 112,32° Bujur timur.

Gempa yang terjadi berjenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif di laut Jawa dan memiliki mekanisme strike-slip atau pergerakan geser.

Baca juga : Gempa Kalsel, Siswa di Banjarmasin Sempat Belajar di Luar Gedung

"Kita menghimbau masyarakat untuk tetap tenang. Kita sudah berkoordinasi dengan BMKG dan diketahui gempa tidak berpotensi tsunami," tutur Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Bambang Dedi, Jumat (22/3) petang.

Gempa dirasakan di daerah Tuban dengan skala intensitas IV-V MMI atau getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk. Kemudian Bawean dengan skala intensitas III-IV MMI atau pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah di daerah Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang hingga Semarang.

Termasuk Yogyakarta dengan skala intensitas II-III MMI. Di Kalsel getaran gempa terasa di sejumlah daerah seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala dan sebagian wilayah Kalteng. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat