visitaaponce.com

Fetival Literasi Batang Hari Pecahkan Rekor Muri

Fetival Literasi Batang Hari Pecahkan Rekor Muri
Penyerahan piagam rekor Muri kepada Pemkab Batang Hari(MI/HO)

FESTIVAL Literasi Batang Hari 2023, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Batang Hari serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Hari, bekerja sama dengan Nyalanesia, berhasil memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai Kabupaten yang Memiliki Perpustakaan Berbasis Website Literasi Sekolah Terbanyak.”

Pada Senin (18/3) di Aula Utama Gedung Kantor Bupati Batang Hari diselenggarakan penyerahan piagam Rekor Muri dan sosialisasi program Festival Literasi Batang Hari #2. 

Piagam Muri diserahkan Direktur Program Nyalanesia  Khabib Bima kepada Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief.

Baca juga : Gelar Lomba Menulis Tangan Bagi Siswa SD Terbanyak, SiDU Raih Rekor MURI

Khabib Bima, dalam sambutannya, menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Batang Hari yang tahun lalu telah sukses menyelenggarakan Festival Literasi Batang Hari.

"Ini merupakan wujud nyata Nyalanesia dan Pemkab Batang Hari untuk berupaya meningkatkan minat baca dan menumbuhkan kreativitas," ujar Khabib.

Pada 2023 lalu, program ini telah berhasil memfasilitasi belasan ribu siswa dan guru dari 231 sekolah, mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/MA/SMK di Kabupaten Batang Hari. Lebih dari 11.000 karya siswa dan guru telah berhasil tercipta.

Baca juga : Infinix Note 40 Series Launch Catat Sejarah Pecahkan Rekor Muri dan Dunia

Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief menyampaikan berkat program Festival Literasi Batang Hari, indeks literasi di Kabupaten Batang Hari kini meningkat.

"Alhamdulillah, dengan dibantu Nyalanesia, indeks literasi di Kabupaten Batang Hari meningkat. Jadi tujuan akhirnya bukan untuk mendapatkan Rekor Muri, tapi bagaimana substansinya bisa implementatif di Kabupaten Batang Hari," ujar Bupati Batang Hari.

Untuk melanjutkan kesuksesan program Festival Literasi Batang Hari di tahun lalu, dalam acara ini diselenggarakan juga peluncuran dan sosialisasi program Festival Literasi Batang Hari #2. 

Baca juga : Denny JA Terima Penghargaan Rekor MURI

Ratusan kepala sekolah dan guru dari berbagai jenjang yang menghadiri acara ini, terlihat antusias untuk melanjutkan program pengembangan literasi ini di sekolahnya masing-masing.

Saat ini, periode pendaftaran program ini pada 2024 telah dimulai. Festival ini diharapkan dapat menjadi solusi dan wahana bagi ratusan sekolah di Batang Hari dalam upaya mengakselerasi kualitas budaya literasi serta meningkatkan mutu pendidikan, demi membangun masyarakat yang berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan berkarakter. 

Pada penyelenggaraan di tahun ke-2 ini, Festival Literasi Batang Hari hadir kembali dengan rangkaian program dan fasilitas seperti: workshop dan sertifikasi kompetensi, penulisan dan perlombaan literasi, penerbitan dan percetakan buku, pengembangan program literasi digital melalui Website Literasi Sekolah, pendampingan dan konsultasi literasi, penghargaan dan hadiah ratusan juta, hingga puncak acara Festival Literasi Batang Hari #2. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat