visitaaponce.com

Gelar Lomba Menulis Tangan Bagi Siswa SD Terbanyak, SiDU Raih Rekor MURI

Gelar Lomba Menulis Tangan Bagi Siswa SD Terbanyak, SiDU Raih Rekor MURI
Acara pemecahan Rekor MURI yang diraih produsen merek buku SiDU di SDN 10 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (22/8).(Ist)

LOMBA Menulis yang diselenggarakan merek buku tulis SiDU yang diproduksi produksi APP Sinar Mas bersama Majalah CIA tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kegiatan pelatihan dan Lomba Menulis bertema “Harta Karun Indonesia" telah dilaksanakan dari tanggal 3 Mei hingga 22 Juni 2023.

Kegiatan ini menyasar siswa sekolah dasar (SD) kelas 3, 4 dan 5 di seluruh Indonesia dan mendapat sambutan positif dari para siswa dengan terkumpulnya 6.901 karya tulis dengan tangan yang dikirim dari berbagai seluruh penjuru di Indonesia.

Baca juga: Lomba Menulis Surat untuk Presiden Tumbuhkan Nasionalisme Siswa

Pengumpulan karya tersebut memecahkan Rekor MURI sebagai “Lomba Menulis Tangan oleh Siswa Sekolah Dasar Terbanyak”. Secara simbolis penyerahan penghargaan rekor MURI dilaksanakan di SDN 10 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (22/8).

Domestic Business Head Stationery Business Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Adi Kurniawan, mengatakan, "Kami menyambut baik bahwa Lomba Menulis Harta Karun Indonesia yang diadakan oleh buku tulis SiDU di tahun 2023 ini ternyata mampu memecahkan rekor MURI."

Tingkatkan Literasi Para Siswa SD

"Lomba Menulis ini adalah bagian dari program Ayo Menulis bersama SiDU yang telah kami luncurkan sejak 2017. Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan literasi khususnya kemampuan menulis sejak dini,” ujar Adi.

Baca juga: Suka Menulis Cerpen? Ikuti Sayembara Cerpen Media Indonesia Ini

“Keterampilan menulis di samping membaca, berkomunikasi, menyaring dan menganalisis informasi sangat penting sebagai upaya untuk mendapatkan pengetahuan dan peluang ekonomi yang kompetitif secara global," jelasnya.

"Ini merupakan komitmen yang terus kami lakukan untuk terus mendukung anak-anak Indonesia guna memajukan kualitas kompetensi anak di masa depan,” terang Adi.

51 Karya Tulis Siswa Dijadikan Buku

Dari Lomba Menulis Harta Karun Indonesia ini, terpilih 51 karya terbaik siswa dicetak dalam bentuk buku berjudul “Harta Karun Indonesia”, sebanyak 2.000 eksemplar akan di distribusikan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

“Kami berharap buku ini memberikan inspirasi bagi para siswa untuk terus menulis,” kata Adi.

Peluncuran buku "Harta Karun Indonesia" dilakukan bersamaan dengan penyerahan piagam rekor MURI di SDN 10 Kebon Jeruk dihadiri oleh Widyaprada Ahli Madya Direktorat SD Kemdikbudristek Sugiyanto, siswa-siswi SDN 10 Kebon Jeruk, guru, Kepala Sekolah Mudofar, perwakilan orang tua murid, Shahnaz Haque selaku praktisi pendidikan keluarga, serta dimeriahkan oleh penyanyi cilik Chico Radella.

Baca juga: Kecakapan Menulis dengan Tangan Bisa Tingkatkan Motorik Halus Anak

Sugiyanto memberikan respons positif terhadap karya Lomba Menulis dengan Tangan bertema “Harta Karun Indonesia”.

Menurut Sugianto, metode menulis dengan tangan ini dapat melatih kerapihan tulisan dan fokus anak-anak.

“Kami berharap anak-anak semua tidak cepat berpuas diri. Dan tetap mendengar saran untuk mengevaluasi karya kedepannya menjadi lebih baik. Mari dorong anak-anak untuk mencintai karya mereka," jelasnya.

"Kita percaya bahwa dengan ilmu dapat menaklukkan dunia. Tria Sentra Pendidikan (sekolah, orang tua dan masyarakat) berkolaborasi sehingga anak mendapatkan manfaat dan faedah yang optimal,” tutur Sugiyanto.

Founder Majalah CIA Stefanie Augustin mengungkapkan bahwa, Majalah CIA mendukung penuh dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada SiDU sebagai inisiator kegiatan ini.

Kemampuan menulis dengan tangan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan penguatan literasi anak. "Ini adalah sesuatu yang penting dan perlu terus dilakukan,” ungkapnya.

Baca juga: Menulis Tangan sejak Dini Tingkatkan Kemampuan Otak dan Daya Ingat Anak

SiDU merupakan merk buku tulis yang diproduksi oleh APP Sinar Mas. SiDU telah menemani kegiatan anak-anak di Indonesia selama lebih dari tiga dekade.

Produk buku tulis SiDU memiliki berbagai keunggulan, seperti desain sampul yang sangat beragam, warna kertas putih bersih serta lembaran kertas yang tidak mudah tembus ketika ditulis sehingga menulis di atas buku tulis bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak Indonesia.

Program Ayo Menulis bersama SiDU mencakup berbagai kegiatan termasuk lomba menulis yang dirancang untuk mendukung anak-anak agar menulis secara fisik di atas kertas buku tulis menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga anak-anak Indonesia lebih bersemangat dalam mengembangkan kemampuan menulis mereka. 

APP Sinar Mas berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan perkembangan anak-anak di Indonesia melalui program-program sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat