visitaaponce.com

Gempa Bumi Magnitudo 6,1 di Ransiki Papua Barat tidak Picu Tsunami

Gempa Bumi Magnitudo 6,1 di Ransiki Papua Barat tidak Picu Tsunami
Ilustrasi(MI)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 yang terjadi di kedalaman 11 kilometer Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, Selasa (9/4), tidak berpotensi tsunami.

"Gempa terjadi pada Selasa sekitar pukul 09.02.53 WIT. Pusat gempa 42 kilometer tenggara Ransiki. Tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Sorong-Yapen (segmen laut) dengan mekanisme pergerakan geser.

Baca juga : Papua Barat Diguncang Gempa 4,9 Magnitudo, tidak Berpotensi Tsunami

Getaran gempa terasa di Ransiki dengan skala intensitas III-IV MMI, yakni dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah. Sementara, di daerah Manokwari gempa terasa dengan skala intensitas III MMI atau getaras terasa nyata dalam rumah.

Kemudian daerah Biak, Serui, Wondama, guncangan terasa dengan skala intensitas II-III MMI, serta wilayah Nabire dengan skala intensitas II MMI, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga pukul 09.20 WIT, berdasarkan hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kendati demikian, masyarakat diimbau tetap waspada dan tenang.

BMKG meminta agar masyarakat menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, dan tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat