visitaaponce.com

Papua Barat Diguncang Gempa 4,9 Magnitudo, tidak Berpotensi Tsunami

Papua Barat Diguncang Gempa 4,9 Magnitudo, tidak Berpotensi Tsunami
Aktivitas kegempaan yang dicatat seismograf.(MI/Susanto)

PADA Selasa (3/1) sore, wilayah Pantai Timur Kaimana, Papua Barat diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebut dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Tarera-Aiduna.

Baca juga: BMKG Catat 71 Gempa Susulan di Jayapura, BPBD Laporkan Kerusakan

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gem pabumi memiliki mekanisme pergerakan geser," jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (3/1).

Guncangan gempa berdampak dan dirasakan di daerah Kaimana dengan skala intensitas II -III MMI. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," imbuh Daryono.

Hingga pukul 16.55 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan satu aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo 3,5. Daryono mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Serta, tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: Gempa Guncang Pangandaran dan Garut, Tidak Berpotensi Tsunami

"Menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa, yang membahayakan kestabilan bangunan," tuturnya.

Selain itu, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG. Masyarakat bisa mengakses Instagram/Twitter @infoBMKG, website http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), hingga melalui mobile apps wrs-bmkg atau infobmkg.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat