visitaaponce.com

Lakukan Evaluasi untuk Tingkatkan Pelayanan Mudik

Lakukan Evaluasi untuk Tingkatkan Pelayanan Mudik
Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro.(Ist)

FAKTOR kunci dari keberhasilan pengelolaan mudik tahun ini adalah sinergitas antarpihak untuk melayani perjalanan masyarakat. 

Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian PU-Pera, dan stakeholder lain telah membangun sinergi apik. Masyarakat terlayani dan terlihat pemudik melakukan perjalanan dengan bahagia," ujar analis intelijen, pertahanan, dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro dalam keterangannya, Selasa (9/4).

Menurutnya, pembaruan informasi terkait mudik tidak pernah putus. Masyarakat pun dapat dengan mudah menentukan jalur, tempat istirahat dan memperhitungkan segala sesuatu sebelum perjalanan. "Lancarnya informasi ini mendukung dalam mengurangi angka kecelakaan. Masyarakat jadi semakin teredukasi tentang safety riding."

Baca juga : Kemenhub Petakan Jalur Mudik Lebaran yang Rawan Banjir

Pria yang karib disapa Simon ini berharap kepada Polri dan stakeholder untuk selalu melakukan evaluasi guna meningkatkan pelayanan di tahun-tahun berikutnya. 

“Tantangan mudik selalu berubah dari tahun ke tahun sehingga membutuhkan analisa dan adaptasi tata kelola yang lebih matang,” katanya. 

Ia menilai perjalanan mudik masyarakat semakin baik tahun demi tahun. Infrastruktur perjalanan, pengelolaan perjalanan, dan pelayanan pendukung lainnya telah dipersiapkan dengan matang. Setidaknya terdapat 193,6 juta pemudik di seluruh Indonesia, dihitung berdasarkan potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran.

Simon menyebut kesuksesan tata kelola mudik 2024 salah satunya ditunjukkan dengan menurunnya kecelakaan serta berkurangnya penumpukan kendaraan di sejumlah wilayah.

“Momentum Lebaran ini, selain membuka fungsi distribusi ekonomi, juga berfungsi sebagai momentum sambung roso kebangsaan, mempererat rasa persatuan. Ini modal utama kita untuk terus melangkah menuju Indonesia Emas 2045,” tandasnya. (J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat