visitaaponce.com

Ini Jurus Jasa Marga Antisipasi Kepadatan Arus Balik

Ini Jurus Jasa Marga Antisipasi Kepadatan Arus Balik
PT Jasa Marga telah meningkatkan fasilitas dan jumlah personel di lapangan sebagai bagian dari persiapan menghadapi kepadatan arus balik(Antara)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menambahkan fasilitas dan personel di lapangan sebagai bagian menghadapi kepadatan arus balik Lebaran 2024

"Untuk peningkatan pelayanan lalu lintas di jalur, Jasa Marga menambah 41 unit kendaraan derek menjadi 181 unit," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam keterangan tertulis, Jumat (12/4).

Faiza mengatakan penambahan itu guna mempercepat penanganan gangguan kendaraan. Jasa Marga juga menambah 4.500 buah rubber cone menjadi total 23.239 buah serta penambahan rambu rekayasa lalu lintas.

Baca juga : 1,87 Juta Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jabotabek

“Sementara itu untuk peningkatan layanan di gerbang tol, Jasa Marga menambah 651 petugas bantu transaksi termasuk di dalamnya personel pengarah lalu lintas," ujar dia.

Faiza menyebut pelayanan transaksi di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama akan dilaksanakan secara optimal. Ada 31 lajur transaksi serta penyiagaan 28 unit mobile reader untuk melayani transaksi dari arah timur (Trans Jawa) menuju Jakarta.

"Selain itu untuk mengantisipasi kondisi khusus akibat cuaca ekstrem, kami menyiagakan petugas preservasi untuk melakukan pemantauan dan penanganan," papar dia.

Baca juga : Pemerintah dan Kepolisian Memetakan Titik Rawan Kecelakaan untuk Arus Balik Lebaran 2024

Upaya lainnya, yakni melakukan rekayasa alur kendaraan di dalam rest area. Termasuk menambah 599 bilik toilet fungsional, menyediakan klinik kesehatan, hingga berkoordinasi dengan kepolisian untuk buka tutup rest area jika mengalami kepadatan.

Sebelumnya, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur meminta masyarakat balik lebih awal guna mencegah kepadatan arus balik, Senin (15/4).

"Kami imbau untuk bisa melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek lebih cepat sebelum waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik," kata Subakti.

Baca juga : Jasa Marga Siapkan Pengaturan Flow Masuk dan Keluar Rest Area di Masa Mudik Lebaran

Subakti mengatakan waktu arus balik tahun ini lebih pendek. Pihaknya berupaya mendistribusikan lalu lintas arus balik.

"Supaya volume kendaraan tidak terkonsentrasi pada satu waktu," papar dia.

Subakti menyampaikan masyarakat yang punya kelonggaran waktu bisa kembali setelah puncak arus balik. Apalagi, Jasa Marga memberi potongan tarif tol 20%. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat