visitaaponce.com

150 Pelajar asal Kabupaten Sukabumi Terima Beasiswa Bupati untuk ke Perguruan Tinggi

150 Pelajar asal Kabupaten Sukabumi Terima Beasiswa Bupati untuk ke Perguruan Tinggi
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, dalam proses penyerahan simbolis beasiswa.(Dok. Pemerintah Kabupaten Sukabumi)

SEBANYAK 150 pelajar asal Kabupaten Sukabumi mendapatkan beasiswa bupati. Mereka yang merupakan orang-orang terbaik ini akan mengenyam pendidikan di Universitas Nusa Putra.

Para penerima beasiswa tersebut dikumpulkan di Auditorium Universitas Nusa Putra, Rabu, 24 April 2024. Hal itu sengaja dilakukan sebagai bentuk simbolis serah terima calon mahasiswa penerima beasiswa Bupati Sukabumi. Kegiatan yang berlangsung hikmat tersebut dihadiri langsung Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Seluruh penerima beasiswa tersebut merupakan sosok-sosok pelajar terbaik di Kabupaten Sukabumi. Mereka terpilih dari sebanyak 1.875 peserta yang ikut memperebutkan beasiswa bupati.

Baca juga : UNM Berikan Beasiswa Kuliah Calon Mahasiswa Hingga 100%

Jumlah peserta seleksi beasiswa di tahun ini mengalami peningkatan peminat sekitar 10% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan mengatakan, pemberian beasiswa sebagai bentuk ikhtiar pemerintah. Terutama dalam meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Sukabumi.

"Kami punya tanggung jawab untuk membangun Kabupaten Sukabumi yang maju. Salah satunya dengan peningkatan SDM. Ketika kita punya SDM unggul, potensi unggul, dan kampus unggul, Insya Allah daerah pun akan unggul," ujarnya.

Baca juga : New Hope Scholarship by Cleansheet Tumbuhkan Mahasiswa WIrausaha dan Mandiri

Dalam mewujudkan semua itu, tentu saja perlu kolaborasi dan komitmen bersama. Baik dari pemerintah, perguruan tinggi, maupun masyarakat itu sendiri.

"Orang Sukabumi harus maju. Mari para orangtua kita dorong anaknya untuk maju. Anak dengan SDM yang luar biasa, dapat membantu memajukan daerahnya," ucapnya.

Di mana, tujuan akhir dari pemberian beasiswa tersebut untuk meningkatkan SDM yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Rakor Pengendalian Inflasi, Bupati Marwan Sampaikan Terobosan Stabiliasi Harga Pangan di Sukabumi

"Sukabumi milik kita dan harus dimajukan oleh kita bersama," ungkapnya.

Rektor Universitas Nusa Putra, H. Kurniawan mengatakan, program beasiswa bupati tersebut telah berjalan selama lima tahun. Sehingga, telah ada ratusan mahasiswa yang berhasil lewat program ini.

"Tahun kemarin kita telah mengirim mahasiswa terbaik ke Turki, di antaranya mahasiswa penerima beasiswa bupati," bebernya.

Baca juga : APK Perguruan Tinggi Rendah, Akses Beasiswa juga Terbatas

Menurutnya, Universitas Nusa Putra bukannya kampus biasa. Sebab, Nusa Putra memiliki akreditas internasional terbanyak se-Jawa Barat dan Banten. Selain itu, kampus dengan mahasiswa asing yang banyak pula.

"Kita ada kelas internasional. Di dalamnya terdapat mahasiswa dari 63 negara. Termasuk pendidiknya pun dari berbagai negara," terangnya.

Dirinya juga mengajak calon mahasiswa untuk berpikir global dari sisi pendidikan. Selain itu, dirinya meminta para orangtua untuk mendukung anaknya berkuliah dan berproses dalam dunia pendidikan di Nusa Putra.

"Adik-adik yang terpilih, ketika masuk harus bertanggung jawab untuk diri sendiri, orangtua, kampus, dan masyarakat. Ketika lulus pun, mari kita berkontribusi untuk kampus dan masyarakat," pungkasnya.

Di akhirnya kegiatan, juga dilakukan berbagai penyerahan penghargaan oleh Bupati Sukabumi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat