visitaaponce.com

Gunung Ruang Kembali Erupsi, Masyarakat Diminta untuk Menjauh dengan Radius 4 Kilometer

Gunung Ruang Kembali Erupsi, Masyarakat Diminta untuk Menjauh dengan Radius 4 Kilometer
Gunung Ruang, Sulawesi Utara kembali erupsi(Antara)

POS Pengamatan Gunung Ruang (PGA) di Sulawesi Utara mengeluarkan imbauan kepada warga setempat untuk menjauhi radius bahaya gunung berapi tersebut.

"Kami mengingatkan komunitas di sekitar Gunung Ruang serta para pengunjung untuk tetap waspada dan tidak masuk ke dalam area dengan radius 4 kilometer dari pusat kawah aktif," ujar Farid Ruskanda Bina, seorang petugas di pos tersebut, seperti dikutip dari Antara pada hari Kamis (25/4).

Bina menekankan kepada penduduk yang tinggal di radius Gunung Ruang di Pulau Tagulandang, Kecamatan Kepulauan Sitaro, untuk segera mengungsi ke tempat yang aman di luar radius tersebut.

Baca juga : Imbas Erupsi Gunung Ruang, Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Lumpuh 4 Hari

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menggunakan masker secara terus-menerus guna menghindari terpapar abu vulkanik yang bisa mengganggu sistem pernapasan.

Para penduduk sekitar Gunung Ruang juga diingatkan untuk tetap tenang, melanjutkan aktivitas sehari-hari seperti biasa, menghindari terpengaruh oleh rumor tentang erupsi, dan terus memantau perkembangan aktivitas gunung lewat aplikasi seluler MAGMA Indonesia.

Bina menjelaskan bahwa secara visual, Gunung Ruang terlihat jelas, dengan asap kawah yang tampak putih dengan intensitas cahaya sedang hingga tebal mencapai 100-150 meter dari puncak kawah.

Baca juga : BNPB: Penanganan Darurat Dampak Erupsi Gunung Ruang Berjalan Baik

Selain itu, dilaporkan adanya dua gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 8-9 milimeter, berlangsung selama tujuh hingga delapan detik.

Selain itu, juga tercatat dua gempa vulkanik dengan amplitudo 10-15 milimeter selama 10-12,5 detik, serta lima gempa tektonik jauh, dengan amplitudo 3-15 milimeter selama 67-130 detik.

"Status Gunung Ruang saat ini berada pada level waspada III," pungkasnya. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat