visitaaponce.com

2 Orang Tertimpa Bangunan Akibat Gempa Garut

2 Orang Tertimpa Bangunan Akibat Gempa Garut
Satpol PP menemukan dua orang tertimpa bangunan akibat gempa Garut. Selain itu BPBD masih mendata dampak kerusakan.(Tangkapan layar )

SEJUMLAH bangunan mengalami kerusakan akibat gempat bumi berkekuatan magnitudo 6,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (27/4) sekitar pukul 23.29 WIB. Kawasan yang paling banyak mengalami keruskana ialah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Garut.

Sampai saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pemeriksaan kerusakan dan korban dari kejadian ini. 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, gempa bumi berkekuatan M 6,5 yang terjadi di Garut menyebabkan sejumlah rumah terdampak kerusakan di Awipari kulon Kecamatan, Kelurahan Tamanjaya, Tamansari,Cikawung, Kecamatan Cibeureum. 

Baca juga : RSUD Karangasem Tangani Dua Warga Terluka akibat Gempa

"Untuk laporannya memang petugas sekarang masih di lapangan dan kemungkinan mereka akan mengecek kembali besok hari mengingat kondisinya tidak memungkinkan. Namun, yang tercatat ada satu rumah rusak milik Sutisna warga Kecamatan Cibeureum," katanya, Sabtu (27/4/2024).

Heni, warga Kelurahan Cikalang mengatakan gempa yang terjadi cukup kencang dan membuat kerluaga dan tetangganya menyelamatkan diri keluar rumah. Ia mengaku ketakutan dan segera menghubungi keluarganya di Banjarsari. 

"Kami sangat khwatir rumah yang ditempati ini kondisinya sudah tua dan takut roboh hingga semua tetangga rumah langsung keluar dan menyelamatkan diri. Namun, kejadian tersebut membuat tetangga rumah gemetaran karena getarannya cukup kuat dan terasa," katanya.

Kepala Bidang SDM Satpol PP Garut Tubagus Agus Sofyan mengatakan 2 orang warga mengalami luka di bagian kepala tertimpa material bangunan rumah yang berasal dari Kecamatan Pameungpeuk. Keduanya korban tersebut, satu anak dan satu dewasa sedang mendapatkan perawatan di Puskesmas Pameungpeuk.

"Berdasarkan informasi sementara yang diterima gempabumi menyebabkan kerusakan di RSUD di wilayah Kecamatan Pameungpeuk terutamanya ada beberapa ruangan rawat inap mengalami kerusakan dan beberapa rumah di Garut juga rusak. Akan tetapi, untuk 2 orang korban sudah mendapat jahitan di kepalanya dan sebagian petugas masih di lapangan untuk cek kerusakan," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat