visitaaponce.com

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara akibat Abu Vulkanik Gunung Ruang

Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara akibat Abu Vulkanik Gunung Ruang
Situasi di Bandara Samrat Manado, Selasa (30/4/2024).(ANTARA/Nancy L Tigauw)

PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi ditutup sementara akibat semburan abu vulkanik Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), yang kembali meletus pada Selasa (30/4) pukul 02.00 Wita.

"Melihat semburan abu vulkanik yang sampai di Bandara Sam Ratulangi, maka, sesuai dengan Notam, untuk sementara bandara kami tutup," kata GM Bandara Sam Ratulangi, Maya Damayanti, di Manado, Selasa (30/4).

Dia mengatakan, berdasarkan pengamatan, aktivitas abu vulkanik Gunung Ruang dan Notam: A1144/24 NOTAMN, demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan operasional Bandara Sam Ratulangi ditutup sementara sampai dengan pukul 12.00 Wita hari ini.

Baca juga : 23 Penerbangan Antara Makassar-Manado Dibatalkan Akibat Erupsi Gunung Ruang

"Kami menutup sementara aktivitas penerbangan dari dan menuju Manado hingga siang," katanya.

Bandara Internasional Sam Ratulangi beroperasi setelah enam hari ditutup, karena abu vulkanik Gunung Ruang yang erupsi pada 16 April 2024 lalu. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan bandara beroperasi mulai Senin (22/4).

Setelah sempat mereda sekitar 10 hari pascaletusan pertama, Gunung Api Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro kembali meletus pada Selasa (30/4) pukul 02.00 Wita. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat