visitaaponce.com

Intip Terapi Bokashi yang Diminati Turis Asing

Intip Terapi Bokashi yang Diminati Turis Asing
Terapi Bokashi(MI/Ruta Suryana)

TERAPI Bokashi yang ditawarkan Klinik Pijat dan Penyembuhan Tradisional Usada Pak Oles hingga kini masih diminati kalangan turis mancanegara khususnya Jepang di samping juga dari wisatawan domestik. Seperti pada Selasa, (30/4) belasan turis asal Jepang tampak antusias memanfaatkan terapi tradisional tersebut.

Menurut Manajer Klinik Pijat dan Terapi Bokashi Pak Oles, I Nyoman Karta, jumlah kunjungan ke kliniknya rata-rata 350 orang untuk terapi Bokashi dan 800 an orang untuk jasa pijat. 

“Wisatawan asing terutama dari Jepang banyak yang melakukan terapi Bokashi di sini,” ujar Nyoman Karta.

Baca juga : Kunjungan Turis Asing ke Jepang Mulai Pulih

Terapi Bokashi yang ditawarkan ini, kata Karta, lebih kepada perawatan kesehatan termasuk mengatasi beberapa macam keluhan penyakit, seperti  rematik, susah tidur, nyeri, sakit pinggang, pusing-pusing, relaksasi, pegal-pegal, membuang racun dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, meningkatkan ketahanan tubuh, stamina serta jenis keluhan lainnya.

Adapun teknik yang diterapkan dalam terapi Bokashi yakni konsumen mengenakan pakaian khusus selanjutnya ‘dikubur’ seluruh badannya kecuali kepalanya, dengan rempah-rempah yang sudah difermentasi dengan teknologi Effective Microorganisms (EM) dari Jepang.

“Seluruh bagian dengan tubuh posisi terlentang ditanam dalam rempah-rempah Bokashi yang panasnya sekitar 50 derajat celcius,” ujar Karta.

Baca juga : Antisipasi Overtourism Dunia dengan Penguatan Sektor Pariwisata Nasional

Tidak sedikit pengguna jasa layanan ini dari kalangan pejabat. Seperti pada momen KTT G-20 lalu di Nusa Dua, rombongan dari Kementerian Luar Negeri RI di sela kesibukannya juga menyempatkan diri sekaligus melakukan treatment massage kesehatan Klinik Usada Pak Oles.

Terapi Bokashi  dengan konsep memanaskan suhu tubuh konsumen ini, bahannya  dibuat dari rempah-rempah dan mineral tanaman herbal berkhasiat obat yang difermentasikan dengan teknologi EM (effective microorganism) yang menghasilkan senyawa organik yang berpengaruh baik terhadap kesehatan tubuh. 

Ramuan dan metode terapi ini digagas dan diciptakan oleh Dr. Ir. Gede ngurah Wididana, M.Agr yang akrab disapa Pak Oles sejak puluhan tahun silam. (RS/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat