visitaaponce.com

CAS Larang Rusia Ganti Lagu Kebangsaan dengan Lagu Patriotik

CAS Larang Rusia Ganti Lagu Kebangsaan dengan Lagu Patriotik
Atlet Rusia saat ambil bagian dalam upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.(AFP/Martin BUREAU)

PENGADILAN Arbitrase Olahraga (CAS), Senin (15/3), menegaskan Rusia tidak bisa memutar lagu patriotik Katyusha di kejuaraan internasional sebagai pengganti lagu kebangsaan yang dilarang akibat pelanggaran doping yang dilakukan negara itu.

Rusia, Desember lalu, dilarang tampil di kejuaraan internasional selama dua tahun karena kasus doping yang didukung pemerintah saat Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi.

Namun, atlet Rusia masih diizinkan berlaga di bawah bendera netral jika mereka bisa membuktikan diri bersih dari doping.

Baca juga: Target Indonesia di Olimpiade 2032, Menpora: 10 Besar

Bulan lalu, sejumlah atlet Rusia mengusulkan menggantikan lagu kebangsaan dengan Katyusha, lagu yang menjadi populer selama Perang Dunia II selama skorsing dua tahun itu.

Namun, Senin (15/3), CAS menolak usulan itu dengan menggarisbawahi bahwa keputusan pada Desember itu mengacu pada lagu kebangsaan dan lagu apa pun yang terkait Rusia.

"CAS memutuskan 'lagu apa pun terkait Rusia' mencakup semua lagu yang terkait dengan Rusia, teramsuk Katyusha," ujar seorang juru bicara CAS.

Dibuat pada 1938, Katyusha mengenang kemenangan Uni Soviet atas Nazi di Perang Dunia II.

Lirik lagu itu merupakan doa seorang perempuan muda, Katyusha, yang berbicara dari tepi sungai kepada kekasihnya yang harus berjuang membela tanah air. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat