visitaaponce.com

Dukung Pembinaan Pelari di NTT, IFG Gandeng PASI dan Gelar Labuan Bajo Komodo Marathon

Dukung Pembinaan Pelari di NTT, IFG Gandeng PASI dan Gelar Labuan Bajo Komodo Marathon
Kick Off IFG Labuan Bajo Komodo Marathon 2022(Dok. IFG)

NUSA Tenggara Timur melahirkan banyak atlet atletik nasional, khususnya pada disiplin lari. Beberapa diantaranya pun ikut mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional, seperti Matheus Wuli, Lamek Yunias Banu, Eduardus Nabunome (alm), Mery Paijo, Apriana Paijom dan lainnya.

Melihat potensi itu, Indonesia Financial Group (IFG) yang merupakan holding BUMN di bidang asuransi, menjalin kolaborasi dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) NTT serta Dinas Pemuda dan Olahraga NTT mencari bibit atlet dengan melibatkan 100 Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh wilayah NTT. Program tersebut menjaring 400 siswa dan siswi berprestasi di bidang atletik. 

Mereka kemudian mengikuti pelatihan selama 2 bulan, yang dimonitor langsung oleh pelatih lari bersertifikat International Amateur Athletic Federation (IAAF) dan PASI, Agung Mulyawan. Nantinya, ke-400 bibit potensial tersebut akan turut berpartisipasi di “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” kategori 5K. 

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 akan diselenggarakan pada 29 Oktober 2022 dan akan menjadi ajang maraton perdana yang diselenggarakan di Labuan Bajo dengan konsep wisata olahraga (sport tourism). Ketua Pelaksana “IFG Labuan Bajo Komodo Marathon 2002” Fitri Istanti menargetkan ajang yang melombakan kategori full marathon, half marathon, 10k, dan 5K itu akan diikuti 1.500 pelari nasional maupun internasional.

"Ajang ini tak hanya menawarkan rute yang menantang dengan topografinya yang khas, namun juga akan memanjakan peserta dengan pemandangan yang menakjubkan, sehingga disebut sebagai the most challenging marathon route with the most beautiful scene," kata Fitri.

Direktur Utama IFG Robertus Billitea mengatakan, ajang itu juga bagian dari dukungan IFG untuk melahirkan atlet lari masa depan Indonesia. Di sisi lain, IFG Labuan Bajo Komodo Marathon 2022 juga ditujukan untuk mendukung pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas (DSP).

Robertus menambahkan, dalam pelaksanaan IFG Labuan Bajo Marathon 2022, IFG juga mengajak partisipasi masyarakat dalam meramaikam event ini sebagai bentuk pesta rakyat Manggarai Barat dan sekitarnya, dan berharap momentum ini bisa sekaligus mendukung Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) yang dicanangkan oleh pemerintah dan menyongsong Indonesia keluar dari masa pandemi.

Baca juga Empat Final Sesama Indonesia Tersaji di Kejuaraan Internasional Para Badminton

"IFG juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Labuan Bajo mempersiapkan sejumlah acara pendukung, seperti pameran UMKM serta pagelaran seni dan budaya khas NTT, untuk meningkatkan perekonomian lokal," ujar Robert.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 sejalan dengan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN untuk meningkatkan perekonomian lokal.

“Ini akan mendukung semakin kuatnya Labuan Bajo sebagai tempat wisata prioritas di Indonesia. Dan jika ini akan sukses, maka UMKM-UMKM di Labuan Bajo akan terdukung. Tidak hanya di Labuan Bajo, tentunya di NTT, dan ini akan menjadi lompatan besar karena Indonesia setelah kondisi corona saat ini akan menuju support besar terhadap pariwisata Indonesia,” papar Arya. 

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PASI Tigor Tanjung menyatakan optimismenya IFG Labuan Bajo Marathon 2022” dapat berperan dalam menelurkan bibit-bibit baru, khususnya yang berprestasi di bidang atletik, baik itu di kancah nasional maupun internasional. 

Pihak penyelenggara, Mesa Racer, menyatakan bahwa selain sejumlah kategori individu atau perorangan yang dapat diikuti oleh warga umum baik dari lokal, domestik, maupun internasional, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 juga melombakan kategori kelompok di Ekiden (Estafet 5K) dan lomba khusus anak-anak di kategori Kids Dash 100M. 

“Ekiden adalah kegiatan lari estafet (tim ganda campuran 4 orang).  Masing-masing peserta akan berlari sejauh 5 kilometer, dengan total jarak 20 kilometer,” kata CEO Mesa Race, Reza Puspo.

Pendaftaran “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” dibuka mulai 4 September 2022 melalui IFGLabuanBajoMarathon.com. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat