visitaaponce.com

Binaraga akan Dipertandingkan di PON Aceh-Sumut

Binaraga akan Dipertandingkan di PON Aceh-Sumut
Para atlet berlaga pada pertandingan binaraga kelas 65 kg di PON Papua, Jayapura, 4 Oktober 2021.(ANTARA/Indrayadi TH)

KETUA Umum (Ketum) KONI Pusat Marciano Norman mengumumkan cabang olahraga (cabor) binaraga resmi dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatra Utara (Sumut).

Keputusan itu diambil dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI 2022 bersama 34 KONI Provinsi, 70 induk cabang olahraga (cabor), 6 organisasi fungsional, yang berlangsung pada 12-13 September 2022, di Jakarta.

"Kita telah duduk bersama, kita bersepakat, bahwa Binaraga ini diputuskan untuk dipertandingkan pada PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatra Utara dengan persyaratan yang ketat," sebut Marciano pada penutupan Rakernas, Selasa (13/9).

Pertandingan cabor binaraga sebelumnya menuai perdebatan karena beberapa atlet dari cabor itu kerap dikaitkan dengan doping. Hal itu jelas bertentangan dengan kampanye yang terus dilakukan oleh KONI Pusat yakni 'Prestasi tanpa Doping'.


Baca juga: PBSI Siapkan Lima Pasangan Baru di Sektor Ganda


Meski telah memastikan binaraga dipertandingkan dalam PON XXI Aceh-Sumut, Marciano menegaskan pihaknya akan tetap melakukan pengetatan tes doping terhadap para atlet.

"Saya minta Ketum Pengurus Pusat Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI) bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk konsolidasikan organisasinya," pesan Marciano.

"Apabila ada atlet yang masih doping, atlet dan pelatihnya akan di sanksi seumur hidup tidak dapat bertanding binaraga. Salah satu sanksi lain bila kasus doping masih terjadi, kita akan degradasi organisasi binaraga ini pada keanggotaan KONI," tegas Marciano.

Dalam kesempatan itu, Marciano juga menegaskan bahwa atlet binaraga dapat berprestasi tanpa doping. Marciano mencontohkan bahwa dua atlet binaraga Indonesia yaitu Nilawaty Law dan Ricky Daud menjadi bukti bahwa binaraga mampu berprestasi di tingkat internasional tanpa doping.

Sebagaimana diberitakan, Nilawaty Law beberapa bulan lalu berhasil meraih emas Women’s Physique Model pada Kejuaraan Binaraga dan Fitness Asia 2022 di Maladewa. Sementara Ricky Daud meraih juara 1 Hong Kong WBPF Open 2016. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat