visitaaponce.com

Yoseph Theofilus Sabet Gelar Juara Ramadhan Cup 2023

Yoseph Theofilus Sabet Gelar Juara Ramadhan Cup 2023
Ilustrasi catur.(ANTARA/HENDRA NURDIYANSYAH)

MASTER Internasional (MI) Yoseph Theofilus Taher sukses menyabet gelar juara nomor terbuka turnamen catur cepat Japfa Ramadhan Cup 2023 yang berlangsung di Gedung Kemenpora, Jakarta.

Dalam ajang yang berlangsung dua hari sejak Sabtu (8/4), Yoseph yang merupakan atlet pelatnas timnas catur Indonesia mengalahkan pecatur Jawa Barat, Master Nasional (MN) Ariza Rizky pada babak 9.

Dengan hasil tersebut, Yoseph menambah torehan poinnya menjadi 8. Raihan angka tersebut sama dengan poin yang dimiliki pesaingnya Fide Master (FM) Arief Abdul Hafiz (Jabar). Namun, Yoseph meriah podium teratas karena unggul nilai Bucchholz (BH) atas Arief dengan 56 berbanding 55,5.

Sebagai juara Yoseph mendapat Piala dan hadiah uang sebesar Rp10 juta. Sedangkan Arief mendapat Rp6 juta. Peringkat ketiga ditempati pecatur non-master dari Jateng, Godwin Liem yang mengemas 7,5 poin. Godwin mendapat hadiah uang sebesar Rp4 juta.

Baca juga: Catur Cepat Ramadhan Cup Kembali Digelar

Sementara Grand Master (GM) Novendra Priasmoro yang sejak babak pertama hingga keempat berada di jalur juara dengan menyapu bersih empat kemenangan harus terlempar ke peringkat ke-7 dari 156 peserta.

Peluang Novendra menjadi juara pupus setelah dikalahkan FM Arief Abdul Hafiz pada babak ke-7.

Untuk kategori U-16 dijuarai Agha Faiz Ramdhani dengan 7,5 poin. Di kelompok junior U-12 tampil sebagai juara Fatih Winartha (Jabar) dengan membukukan 7,5 poin. 

Ketua Umum Percasi GM Utut Adianto yang hadir di Kemenpora mengaku senang dengan antusiasme para pecatur di Tanah Air untuk mengikuti Ramadhan Cup. Utut juga menyampaikan terima kasih kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang tidak pernah berhenti memberi dukungan.

Baca juga: Tarik Minat Pemuda, GMC Gelar Lomba Catur dan Buka Bersama

"Terima kasih kepada Japfa yang tak henti-hentinya selama 20 tahun lebih mendukung pembinaan olahraga catur. Karena itu, saya memohon kepada pemerintah melalui Kemenpora kiranya dapat memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada Japfa. Orang atau pihak yang membantu juga harus diberikan penghargaan," kata Utut.

Pada kesempatan yang sama, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Surono dalam sambutannya sebelum menutup secara resmi Ramadhan menyambut baik permohonan yang disampaikan Utut untuk memberikan penghargaan kepada Japfa atas perhatian dan kepeduliannya terhadap pembinaan olahraga catur Indonesia.

Surono juga menegaskan Kemenpora akan selalu mendukung dan membantu Percasi dalam membina dan memajukan catur Indonesia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat