visitaaponce.com

Nasib Israel di AWBG Bali akan Diketahui 28 April

Nasib Israel di AWBG Bali akan Diketahui 28 April
Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo.(BIRO PERS INSTANA/LUKAS ANDRE)

MENTERI Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyebut keputusan terkait keikutsertaan Israel di ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 akan diketahui pada rapat CdM yang bakal bergulir di Bali 28 April-1 Mei mendatang.

Seperti diketahui, berdasarkan surat resmi dari ANOC, sejauh ini terdapat 69 negara yang akan hadir di CdM Meeting AWBG di Bali. Dari 69 negara negara tersebut, tidak terdapat Israel.

Nantinya, dalam CdM Meeting tersebut, Indonesia ANOC World Beach Games Organizing Committee bakal mempresentasikan kesiapan tuan rumah, mulai dari arena pertandingan, akomodasi, hingga transportasi.

"Tim Israel saya juga masih menunggu benar akan ada atau tidak. Jadi sejauh ini belum pasti, nanti kami bisa lihat (kepastian) di 28 April di mana negara-negara yang akan hadir dan resmi bakal ikut dalam CdM Meeting itu," kata Dito ditemui di DPP Golkar, Sabtu (22/4).

Baca juga: 69 Negara Bakal Hadiri CdM Meeting AWBG, Tak Ada Israel

Lebih Lanjut, Dito mengatakan, pihaknya akan memastikan AWBG di Bali bisa berjalan lancar. Pihaknya pun sudah mempersiapkan langkah-langkah yang bakal dilakukan bila Israel berpartisipasi di Pulau Dewata.

"Kalau memang hal itu terjadi (Israel berpartisipasi) kita sudah mengantisipasi dan pasti sudah ada langkah-langkah taktis terkait hal itu," ujarnya

"Yang pasti dari sisi kemenpora, kalau misalnya hal penyelenggaraan itu kan kita tanggung jawab untuk memastikan itu bisa berjalan lancar. Jadi yang seperti saya selalu bilang, koordinasi lintas sektor antara Kemenpora , Pemprov Bali, Penyelenggara, dan juga Kementrian Luar Negeri pasti kita tetap selalu berjalan," jelasnya.

Baca juga: Kisruh AWBG Bali, Sikap Gubernur Koster Dipertanyakan

Gubernur Bali I Wayan Koster dengan tegas menolak kehadiran Israel untuk bertanding dalam ajang AWBG. Koster menyebut, penolakannya tersebut diambil karena bertentangan dengan dasar pertimbangan amanat konstitusi Republik Indonesia.

Dengan kondisi itu, nasib keberlangsungan AWBG 2023 yang dijadwalkan pada 5-12 Agustus di Bali pun belum dapat dipastikan. Jika Israel tetap berpartispasi pada kejuaraan pesta olahraga pantai dan air itu, tidak menutup kemungkinan nasib AWBG tahu ini akan sama Piala Dunia U-20, di mana Indonesia batal menjadi tuan rumah, namun status penyelenggara dicopot oleh FIFA. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat