visitaaponce.com

Undian Piala Dunia FIBA 2023 Rampung, Banyak Bintang NBA Main di Jakarta

Undian Piala Dunia FIBA 2023 Rampung, Banyak Bintang NBA Main di Jakarta
Hasil Undian FIBA Basketball World Cup 2023.(FIBA)

PENGGEMAR bola basket di Tanah Air bakal dimanjakan dengan suguhan bertabur bintang-bintang dunia pada ajang Piala Dunia FIBA 2023 yang bergulir mulai 25 Agustus mendatang.

Berdasarkan hasil undian yang berlangsung di Manila, Filipina, Sabtu (29/4) malam, negara-negara unggulan berisi para pemain NBA akan beraksi di Jakarta, salah satunya dari beringkat pertama dunia sekaligus juara bertahan Spanyol.

Indonesia menjadi tuan rumah bersama digelar Filipina dan Jepang. Babak penyisihan yang berlangsung di Indonesia Arena, GBK, Jakarta, akan menjadi lokasi pertandingan dua grup yakni Grup G dan Grup H.

Baca juga : Persiapan Piala Dunia FIBA Capai 97%

Dari hasil undian, Grup G diisi juara bertahan sekaligus juara Eropa yakni Spanyol. Grup G juga akan dihuni Brasil, Iran, dan Pantai Gading.

Timnas basket Spanyol akan diperkuat point guard Cleveland Cavaliers, Ricky Rubio. Dua bersaudara Guillermo Gustavo Willy Hernangomez yang bermain di New Orleans Pelicans dan Juancho Hernangomez (terakhir membela Toronto Raptors) juga bakal tampil.

Baca juga : Paolo Banchero Dinobatkan Sebagai Rookie NBA of The Year

Tak hanya itu, Spanyol juga akan diperkuat Usman Garuba (Houston Rockets) dan Santi Aldama (Grizzlies), serta pemain-pemain lain yang bermain di Euroleague.

Adapun Brasil, tim peringkat 13 di FIBA, merupakan juara dunia dua kali. Brasil bakal diperkuat Bruno Caboclo yang membela klub Jerman Ratiopharm Ulm dan memiliki rekam jejak memperkuat Toronto Raptors, Sacramento King, Memphis Grizzlies, dan Houston Rockets.

Sementara itu, Pantai Gading merupakan sudah dua kali menjuarai FIBA AfroBasket sedangkan Iran tim peringkat 22 FIBA sekaligus juara Piala Asia tiga kali.

Di Grup H, akan ada Kanada, Prancis, Latvia, dan Lebanon. Kanada punya deretan pemain yang tampil di NBA yakni Shai Gilgeous-Alexander, RJ Barrett, Jamal Murray, Andrew Wiggins, Kelly Olynyk, Nick Alexander-Walker, Cory Joseph, Dwight Powell, Oshae Brissett, Dillon Brooks, Khem Birch, Lugentz Dort, Shaedon Sharpe, Bennedict Mathurin, Andrew Nembhard, dan Caleb Houstan.

Adapun Prancis diperkuat Evan Fournier, Nicolas Batum, dan Rudy Gobert. Kemudian ada Theo Maledon, Frank Ntilikina, Joel Embiid, dan pemain remaja yang digadang-gadang menjadi draft pick pertama NBA 2023 Victor Wembanyama.

Latvia yang menjadi debutan di Piala Dunia 2023 ini akan mengandalkan center Washington Wizards, Kristaps Porzingis. Sementara itu, Lebanon berstatus runner up Piala Asia 2022.

Ketua Panitia Pelaksana (LOC) FIBA Basketball World Cup 2023 Budisatrio Djiwandono menyambut gembira hasil undian tersebut. Sebab, harapan untuk menyaksikan bintang-bintang top basket dunia beraksi di Jakarta terwujud.

"Semua pecinta basket pasti senang dengan hasil undian ini. Kita akan menjadi tuan rumah pertandingan tim-tim dengan bintang-bintang kelas dunia," ujarnya.

"Ini kesempatan bagi kita untuk menunjukkan bahwa Indonesia siap sebagai tuan rumah memanggungkan pertandingan-pertandingan besar nanti. Saya berharap semua berjalan dengan baik dan pecinta basket di Indonesia akan datang menyaksikan langsung pertandingan-pertandingan di FIBA World Cup 2023 nanti," imbuh Budisatrio. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat