visitaaponce.com

Jakarta Half Marathon Bakal Digelar Perdana Rayakan HUT Kemerdekaan

Jakarta Half Marathon Bakal Digelar Perdana Rayakan HUT Kemerdekaan 
Konferensi pers Jakarta Half-Marathon 2023.(MI/DHIKA KUSUMA WINATA)

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Half Marathon pada 20 Agustus mendatang sebagai bagian dari perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 RI. Selain perayaan hari kemerdekaan, ajang lomba lari massal itu juga dalam momentum HUT ke-56 ASEAN, serta Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. 

Jakarta Half Marathon menjadi kolaborasi pemprov bersama PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Perkumpulan Intelligent Transport System (ITS) Indonesia. Tujuan lainnya juga untuk merayakan terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah konferensi ITS Asia Pacific Forum 2024. 

Ajang tersebut menargetkan partisipasi 10 ribu peserta yang terbuka bagi peserta nasional dan internasional, mulai dari kelas pelajar hingga kelas master usia 40 hingga 50 tahun ke atas. Peserta bisa memilih kategori half marathon (21 km) atau 10 km maupun 5 km.

Baca juga: Capaian Emas Tim Atletik di SEA Games 2023 Lampaui Target

"Kami percaya para pelari akan senang bergabung dan masyarakat DKI akan mendukung upaya menjadikan DKI sebagai destinasi wisata olahraga melalui lomba lari ini," kata Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, dalam acara kick-off di Stasiun MRT ASEAN, Kamis (25/5). 

Lomba juga akan melintasi kawasan jalur MRT. Titik start sekaligus finis berada di Plaza Tenggara Monas. Jalur lomba meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Sisingamangaraja. 

Selain menjadi ajang olahraga, Jakarta Half Marathon juga bertujuan untuk mendukung UMKM dan pertumbuhan ekonomi Jakarta. Para peserta dan pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan yang berpusat di Lapangan Banteng. 

Aspek menarik lainnya yakni kehadiran para dokter pelari alias running doctors  dengan dukungan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Para dokter akan berlari  dengan konsep run-observe-handle sebagai tim medis di jalur lomba. Mereka juga akan berlari dan mengobservasi peserta di sepanjang rute.

Baca juga: Tim Atletik Kejar Lima Emas di Kamboja

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Tuhiyat, mengatakan  pelaksanaan Jakarta Half Marathon yang pertama kali ini berpeluang untuk menjadi agenda rutin tahunan ke depannya. 

"Keistimewaan dari ajang Jakarta Half Marathon ini akan dimulai dari Monas lalu melewati area stasiun MRT hingga Gedung ASEAN. Tahun ini merupakan Jakarta Half Marathon pertama dan rencananya untuk ke depannya akan diselenggarakan sebagai program tahunan Pemprov DKI," ucapnya. 

Adapun pendaftaran akan dibuka pada 26 Mei 2023 pukul 16.00 WIB. Sesuai peringatan kemerdekaan, tersedia 78 Slot Merdeka secara gratis oleh peserta yang duluan mendaftar. Setelah itu pendaftaran dibuka early bird terbatas dengan diskon 20%. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat